Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta, Jawa Tengah, menyiapkan dua gudang untuk penyimpanan logistik dalam persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024.

"KPU Surakarta mempunyai gudang penyimpanan logistik pemilu di Kantor KPU Sumber Surakarta dan di dekat Pasar Legi Ketelan, Banjarsari, Solo, sehingga lebih aman," kata Ketua KPU Kota Surakarta Bambang Christanto dalam acara coffee morning bersama media dalam rangka sosialisasi tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPU Kota Surakarta, Kamis.

Selain itu, KPU Kota Surakarta juga bekerja dengan pihak kecamatan untuk penyimpanan logistik pemilu, pengelolaan, dan sortir lipat surat suara di masing-masing wilayah.

"Jadi, kami sampaikan gudang itu disiapkan dengan akses distribusi mudah dijangkau untuk penyaluran logistik Pemilu 2024 ke tempat pemungutan suara (TPS)," kata Bambang.

KPU Surakarta hingga kini sudah menerima kiriman sejumlah logistik pemilu untuk tahap pertama, meliputi sebanyak 8.875 kotak suara, 7.092 bilik suara, 3.546 tinta, dan 46.098 kabel ties. Sedangkan tanda pengenal, gembok dan alat coblos belum masuk gudang KPU.

Bambang mengatakan rincian untuk kesiapan logistik pada Pemilu 2024 di Solo menyesuaikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 439.009 orang dan ketentuan masing-masing TPS ditambah 2 persen atau 9.407 lembar.

"Jika diakumulasikan, jumlah pemilih tetap di semua TPS di Kota Solo ada 448.656 orang. Itu jumlah surat suara yang akan disiapkan, termasuk jumlah pemilihan DPRD di Kota Surakarta ada lima daerah pemilihan," katanya.

Logistik tahap pertama kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel sudah masuk gudang KPU. Untuk logistik lainnya pada pengiriman tahap pertama dijadwalkan 21 November 2023 sudah harus tuntas di seluruh Indonesia.

"Untuk pengiriman tahap kedua, seperti surat suara dan alat bantu masih menunggu dari KPU RI. Kemudian, pembagian surat suara dan alat bantu tuna netra masih menunggu dan sudah di-listing semua di tingkat provinsi," tambah Bambang.

KPU Surakarta hingga kini sudah mulai menyelesaikan penentuan lokasi TPS, tinggal beberapa kelurahan di Jebres. Jumlah TPS di Solo untuk Pemilu 2024 sebanyak 1.773 TPS, termasuk TPS khusus pada tiga lokasi di Kampung Baru Pasar Kliwon, rutan, dan Griya PMI Mojosongo.

Bambang menambahkan semua logistik pemilu dijadwalkan sudah diterima pada Januari 2024 karena KPU harus melaksanakan sortir dan lipat surat suara serta pengemasan untuk didistribusikan ke kecamatan dan kelurahan.

"KPU Surakarta memastikan untuk penyimpanan logistik hingga saat ini masih aman karena dilengkapi CCTV. Antisipasi musim hujan juga disiapkan karena semua logistik ditutup plastik agar aman dari air hujan," katanya.

Baca juga: KPU Purbalingga telah terima sebagian logistik Pemilu 2024

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024