Purwokerto (ANTARA) - Pembawa acara talkshow "Kick Andy", Andy F Noya mengajak peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM3) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto untuk meraih kesuksesan.

Saat hadir dalam Kelas Inspirasi Modul Nusantara PMM3 Unsoed di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (4/11), Andy mengatakan kunci sukses dalam menjalani kehidupan dan karir adalah ketika seseorang merasa cukup bahagia dan diliputi rasa syukur dalam hidupnya.

"Setiap manusia memiliki kesetaraan dan kesempatan yang sama dalam meraih sukses. Untuk itu manfaatkan setiap peluang yang datang sebaik mungkin jika itu merupakan jembatan menuju sukses," kata jurnalis senior itu di hadapan 196 mahasiswa dari 57 perguruan tinggi yang mengikuti PMM3 Unsoed.  

Filantropis terkemuka yang juga founder Benihbaik.com itu mengatakan pilihan karier yang didasarkan pada passion akan mengantarkan seseorang sampai pada kebahagiaan dan titik sukes bersamaan karena pekerjaan yang dia lakukan dilandaskan atas rasa dan bahagia. 

Perhelatan yang digelar selama tiga jam tersebut merupakan bagian dari aktivitas Modul Nusantara yang dikemas dalam talkshow yang dipandu oleh dosen FISIP Unsoed Dr. Mite Setiansah.

Antusiasme mahasiswa mengemuka khususnya saat narasumber mengisahkan perjalanan hidupnya meniti karier bidang jurnalistik di media massa dan akhirnya berkesempatan menjadi jembatan bagi terbukanya peluang pemberdayaan masyarakat desa karena kedekatannya dengan tokoh-tokoh nasional mampu memberikan dampak bagi kemajuan masyarakat desa.

"Selain kelas inspirasi, PMM juga menghadirkan kelas kebhinnekaan, inspirasi, dan refleksi dan kontribusi sosial bagi para mahasiswa dari berbagai wilayah di luar Pulau Jawa yang selama satu semester menempuh perkuliahan di Unsoed," kata Koordinator PMM3 Unsoed Dr. Wisnu Widjanarko. 

Baca juga: Mahasiswi FEB Unsoed raih juara karate tingkat internasional

Menurut dia, program tersebut merupakan salah satu flagship Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjalankan program perkuliahan di universitas lain di luar pulau asal selama satu semester. 

Selain itu, kata dia, para mahasiswa PMM akan mendapatkan pengalaman berteman, belajar tolerani dengan mahasiswa lain dari beragam daerah, serta mengeksplorasi kebhinnekaan budaya Nusantara.

Acara tersebut juga Wakil Rektor Unsoed Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., Ketua LP3M Unsoed Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., dosen-dosen Modul Nusantara, serta para mahasiswa Unsoed yang menjadi Liasion Officer pada Program Modul Nusantara. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LP3M Unsoed selaku host program PMM3 Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D menyampaikan apresiasinya terhadap narasumber yang berkenan meluangkan waktu untuk hadir mengisi acara di tengah padatnya aktifitas pekerjaan dan kegiatan sosial

"Kami berharap mahasiswa inbound PMM3 dari universitas pengirim dapat menggali pengalaman dari perjalanan hidup from zero to hero dari sosok Andi F. Noya," katanya. 

Agenda kelas Inspirasi kemudian dilanjutkan dengan Fun Gathering yang dibuka oleh Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan Dr. Norman Arie Prayogo, M.Si. Acara tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa inbound PMM3 Unsoed untuk menjalin kearaban antarpeserta yang dikemas dalam bentuk gim dan pertunjukan musik. [ohr]

Baca juga: BNPT ingatkan mahasiswa Unsoed tentang pentingnya pendidikan kebangsaan
Baca juga: Unsoed Purwokerto kembali kukuhkan lima profesor baru
Baca juga: Mahasiswa Unsoed jadi Duta Inspirasi Indonesia Jawa Tengah
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024