Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menyerahkan hibah berupa satu unit kendaraan roda empat kepada komunitas Barisan Relawan Tempuran (Baret).

Bupati Magelang Zaenal Arifin di Magelang, Senin, menyampaikan pemberian hibah berupa kendaraan roda empat ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Magelang terhadap penguatan kelembagaan atau komunitas masyarakat agar lebih berdaya dalam menjalankan programnya menuju masyarakat yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

"Melalui pemberian hibah ini saya berharap agar benar-benar dapat dimanfaatkan sebagai motivasi penguatan kelembagaan komunitas Baret dalam upaya meningkatkan kemandirian dan mewujudkan pembangunan di bidang kehidupan sosial budaya masyarakat di Kabupaten Magelang khususnya di Kecamatan Tempuran," kata Zaenal.

Ia mengatakan agar pemberian hibah ini jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan yang diberikan, akan tetapi yang paling penting adalah niat dan tujuannya, yaitu di samping guna meringankan beban komunitas, juga untuk optimalisasi pemberdayaan sosial budaya secara terencana, terarah, terpadu dan berkesinambungan demi kesejahteraan masyarakat.

"Semoga pemberian hibah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya di Kecamatan Tempuran," katanya.

Ketua Baret Zubaedy mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang terutama kepada Bupati Magelang atas hibah berupa kendaraan roda empat yang telah diberikan ini.

Ia menyampaikan bahwa sebenarnya para anggota Baret ini telah mengajukan permohonan bantuan kendaraan roda empat sejak lama untuk operasional kegiatan relawan di Kecamatan Tempuran.

"Untuk saat ini, kendaraan roda empat ini sangat penting karena hampir tiap malam kita melakukan droping air kepada masyarakat di Kecamatan Tempuran. Bahkan kemarin malam Ahad, kami melakukan droping air sampai 22.000 liter akibat dampak dari musim kemarau," katanya.

Selain bencana kekeringan, kata Zubaedy, wilayah Kecamatan Tempuran juga kerap kali mengalami bencana angin puting beliung dan tanah longsor, sehingga keberadaan kendaraan operasional ini sangat dibutuhkan manakala untuk proses evakuasi dan lain sebagainya.

"Maka sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah memberikan hibah kendaraan operasional ini, semoga kendaraan ini bisa digunakan oleh para relawan Baret untuk kegiatan sosial kemanusiaan di Kecamatan Tempuran pada khususnya," katanya.*

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024