Pemalang (ANTARA) - Higienitas dan kehalalan makanan di Rutan Kelas IIB Pemalang memang teruji, dibuktikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto saat mengunjungi rutan yang dikepalai oleh Sumaryo, Senin (13/11).

Penyediaan makanan yang layak menjadi perhatian khusus bagi Tejo yang langsung melihat kondisi dapur di sana. Sebagai informasi, Rutan Pemalang berhasil mendapatkan sertifikasi layak higienis dan sertifikasi halal melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang.

Ia ingin melihat kesesuaian komposisi makanan yang disajikan dengan daftar menu makanan harian yang telah ditetapkan yakni Permenkumham No. 40 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Makanan Bagi Tahanan, Anak, dan Narapidana.

"Hari ke berapa ini? Sudah sesuai, ya? " tanya Kakanwil.

“Untuk buah disesuaikan dengan kondisi di sini saja ya, kalau sedang tidak musim, buahnya bisa digantikan dengan buah lain,” lanjutnya.

Tak hanya kondisi dapur yang bersih, Kakanwil turut mengapresiasi kerapian dan kebersihan seluruh lingkungan rutan.

Dalam kunjungan singkatnya itu, Kakanwil juga berkeliling area Rutan Pemalang seperti melihat blok hunian, kegiatan WBP, dan program pembinaan.

Ia juga menyempatkan mampir di klinik dan mengukur tekanan darah sambil sesekali berdialog dengan dokter di klinik tersebut. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024