Temanggung (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan tabur bunga di Jembatan Progo, Kranggan, Kabupaten Temanggung.

Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo, di Temanggung, Jumat, mengatakan Jembatan Progo menjadi saksi sejarah, para pejuang gugur mempertahankan kemerdekaan.

"Ini mengenang peristiwa pada waktu klas II dulu, ada pembantaian tentara dan pemuda kita oleh NICA dan ini mengenang bahwa kita harus betul berjuang untuk Kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Ia mengatakan pembantai luar biasa karena sekitar 1.300 pejuang gugur oleh NICA Belanda. 

"Ke depan insyaallah Temanggung terus berkembang dan berjaya," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto menyampaikan mengenang para pahlawan untuk mendoakan para pahlawan dengan ziarah ke makam para pahlawan baik itu makam pahlawan di Mudal maupun yang ada di Kranggan.

"Momentum ini mengingatkan kita semuanya bahwa sesungguhnya hari jadi Kabupaten Temanggung ke 189 ini salah satunya andil banyak dari para leluhur, pendahulu terutama, para pahlawan," katanya.

Ia berharap Temanggung ke depan jauh lebih baik dengan totalitas dengan loyalitas aparat dan warganya untuk mengisi pembangunan di segala bidang. 

Baca juga: Sekda Jawa Tengah ajak warga jadi pahlawan penanggulangan kemiskinan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024