Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, membentuk pasukan respons cepat "Power on Hand" yang disiapkan dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak 2024.

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Saufi Salamun di Batang, Selasa, mengatakan bahwa pasukan respons cepat "Power on Hand" tersebut terdiri atas 1 kompi pengendalian massa (dalmas) dan satu peleton pengurai massa (raimas).

"Kami siagakan personel sebagai kompi 'Power on Hand'. Mereka diturunkan bilamana ada kegiatan seperti unjuk rasa dan huru-hara untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama tahapan Pemilu 2024," katanya.

Menurut dia, dengan memasuki tahun politik maka perlu adanya koordinasi dengan semua instansi terkait dalam menjalankan Operasi Mantap Brata Candi 2023.

Demikian pula pembentukan pasukan "Power on Hand", kata dia, dilakukan dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan rasa aman dan menjamin kelancaran proses pemilihan umum.

"Kami senantiasa bersinergi dengan instansi terkait, terutama TNI dalam pengamanan. Semua dilakukan untuk memberikan rasa aman," katanya.

Kapolres menyoroti pentingnya menjaga kesehatan, kebugaran tubuh, kedisiplinan, serta menjaga netralitas personel dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Saufi Salamun mengingatkan semua anggota Polri untuk selalu merawat kesehatan pribadi, olahraga demi menjaga stamina, dan kebugaran tubuh dalam bertugas.

Dengan kesiapan pasukan "Power on Hand" dan komitmen menjaga kamtibmas, kata dia, polres siap memberikan perlindungan dan pengawasan yang diperlukan selama proses Pemilu 2024.

"Semua langkah ini diambil untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman, damai, dan tertib bagi seluruh warga negara," katanya.

Baca juga: Realisasi nilai ekspor di Batang capai 79,02 juta USD

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024