Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar pelatihan Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (P3PD) untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa agar kualitas pengelolaan anggaran, tata kelola pemerintahan, dan pelayanan kepada masyarakat terus membaik.

“Perangkat desa sangat dekat dengan masyarakat. Interaksi dan tuntutannya lebih banyak sehingga perlu ditingkatkan kapasitasnya agar bisa melayani dengan baik," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno saat membuka Konsolidasi Pelaksanaan Program P3PD di Semarang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa P3PD merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dengan harapan mampu memperbaiki tata kelola pemerintahan, meningkatkan kualitas belanja, dan pembangunan desa di lokasi program.

Sejumlah pelatihan yang diselenggarakan meliputi perencanaan program desa, pengalokasian dana desa yang tepat sasaran, pelayanan masyarakat, dan sebagainya.

“Berbagai pelatihan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa,” ujarnya.

Sekda menyebutkan pelatihan yang dilaksanakan menyangkut integritas para perangkat desa.

“Beberapa waktu lalu banyak problem tentang akuntabilitas pengelolaan dana desa. Inilah yang perlu kita sampaikan kepada mereka melalui pelatihan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Simon Makarios menambahkan pelaksanaan P3PD memasuki tahapan penting sehingga membutuhkan dukungan tim pelaksana P3PD tingkat provinsi.

Dukungan itu, katanya, dalam bentuk pembinaan, pengawasan, penyelenggaraan pemerintah kabupaten/kota, dan pemerintah desa.

Bahkan, kata dia, menyusun regulasi daerah dalam mendukung pelaksanaan dan keberlanjutan P3PD.“Selain itu mengkoordinasikan dan melaksanakan pengembangan kapasitas pemerintah desa baik secara konvensional maupun digital," ujarnya.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024