Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terus mengoptimalkan perekaman foto kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pada pemilih pemula, khususnya untuk pelajar, dengan membuka layanan sistem jemput bola ke sejumlah lembaga pendidikan dan membuka layanan di setiap kecamatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batang Wilopo di Batang, Selasa, mengatakan bahwa hingga saat ini tercatat ada sekitar 11.000 calon pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el.

"Ya, kami pastikan setiap hari memberikan layanan perekaman foto KTP elektronik. Khusus pada setiap hari minggu kami membuka pelayanan di kantor mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB," katanya.

Menurut dia, optimalisasi pelayanan perekaman foto KTP-el bagi pemilih pemula yang didominasi para pelajar ini sebagai upaya agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum 2024.

Selama Agustus hingga September 2023, kata dia, sudah ada 3.000 calon pemilih pemula yang telah melakukan perekaman foto, dan 8.000 di antaranya masih dalam proses.

Wilopo yang didampingi Operator Sistem Informasi Administrasi dan Kependudukan (SIAK) Tri Asih mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan penjadwalan agar seluruh pelajar berusia 16 tahun dapat segera melakukan perekaman foto KTP-el.

Untuk mengejar target calon pemilih pemula, pihaknya juga siap memberikan pelayanan perekaman foto KTP-el di Mal Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Batang.

"Selama Oktober 2023, kami telah menjadwalkan perekaman foto terhadap calon pemilih pemula untuk datang langsung ke Mal Pelayanan Publik. Perekaman foto setiap Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 sampai dengan15.00 WIB," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Kudus targetkan perekaman KTP-el 10.500 pemilih pemula

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024