Semarang (ANTARA) - "USM akan go national dan go international. Ini adalah catatan kami ketika USM mulai menyelenggarakan banyak kerja sama dan dapat menindaklanjutinya dengan baik".

Hal tersebut dikatakan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko SH MH dalam Wisuda Ke-66 USM tahap akhir di Gedung Auditorium Ir Widjatmoko dan Auditorium Prof Muladi USM pada 5 Oktober 2023.

Kegiatan itu dihadiri antara lain, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, Ketua Senat USM Prof Dr Dra Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Rektor USM Dr Supari ST MT, dan Direktur Pascasarjana USM Dr Indarto SE MSi, Dekan USM dan segenap civitas akademika USM. 

Dia melanjutkan, hal itu dapat dibuktikan dengan konsistensi dan komitmen yang sangat baik dalam dunia pendidikan tinggi.

"Selaras dengan jargon USM adalah jembatan masa depan Anda. Seperti yang dikatakan Rektor USM, kolaborasi. Hal itu akan menjadi tulang punggung yang memudahkan lulusan USM dalam melangkah lebih jauh lagi," katanya.

Menurut Bhimo, para wisudawan dapat me-verifikasi pin ijazah melalui website kemdikbud.co.id.

"Sebagai Kepala LLDikti Wilayah VI Jateng, atas nama Kemendikbud RI, setelah kami teliti 1.710 wisudawan yang diwisuda USM dinyatakan valid," ungkapnya.

Dia mengatakan USM telah mencapai akreditasi "baik sekali", hal itu mempengaruhi pembelajaran dan tata kelola di USM akan menjadi lebih baik.

"Di USM, terdapat satu prodi yang terakreditasi unggul, dua prodi baik sekali, 10 prodi terakreditasi B dan empat prodi terakreditasi baik. Ini capaian yang sangat baik lalu didukung dengan prestasi yang ditorehkan mahasiswa," ujarnya. 

Dia berpesan, inovasi, kreasi dan ide harus dimiliki para wisudawan sehingga dapat membawa perubahan di masyarakat.

"Jadikanlah momen istimewa ini menjadi babak awal dalam hidup. kami sebagai masyarakat akan menilai kalian. Di luar sana menanti kalian memberikan kontribusi yang berarti, jadilah agen perubahan," tandasnya.

Hal serupa dikatakan Rektor USM, Dr Supari ST MT, para lulusan USM wajib memiliki 3 C yaitu, critical thinking, creativity dan colaboration.

"Dengan berpikir kritis akan melahirkan kreativitas, dalam aktualisasi kreativitas itu pasti memerlukan kolega sehingga dibutuhkan kolaborasi. Insya Allah, lulusan USM akan melahirkan perubahan, namun perubahan yang tetap dalam suasana harmoni," pungkasnya. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024