Temanggung (ANTARA) - Pendaftar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru yang sudah memiliki masa kerja pengabdian 3 tahun di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sebanyak 109 orang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo di Temanggung, Rabu, mengatakan bahwa pendaftaran PPPK guru jalur pengabdian sudah ditutup 3 Oktober 2023.

"Namun, sekarang masih dibuka pendaftaran untuk jalur umum hingga 9 Oktober 2023," katanya.

Pendaftar PPPK tenaga kesehatan, kata dia, sudah masuk 10 orang dan tenaga teknis masuk delapan orang.

Perekrutan PPPK Kabupaten Temanggung 2023 sebanyak 387 orang, terdiri atas 370 guru, lima tenaga teknis, dan lima tenaga kesehatan.

"Memang ada beberapa perubahan yang terjadi, pengumuman-pengumuman yang terjadi alhamdulillah telah diinformasikan kepada masyarakat. Semoga masyarakat mengikuti perubahan-perubahan itu," katanya.

Ripto Susilo menyebutkan ada perubahan waktu pendaftaran PPPK guru jalur khusus yang semula ditutup pada tanggal 30 September 2023, kemudian ada surat ditutup pada tanggal 3 Oktober 2023 karena proses meterai Peruri masih bermasalah.

"Pendaftar PPPK masih di bawah 50 persen. Saya tidak tahu kondisi masyarakat seperti apa? Data yang khusus jumlahnya selalu berubah-ubah. Kalau kemudian 109 ini khusus berarti memang ada prioritas karena mereka sudah punya masa kerja 3 tahun," katanya.

BKPSDM buka konsultasi sebelum berkas pendaftaran diunggah, kemudian pihaknya mempersilakan pendaftar berkonsultasi terlebih dahulu sehingga tidak gugur di tahapan administrasi.

"Kalau gugur di tahapan administrasi, kasihan. Apalagi, dia sudah mengabdi lebih dari 3 tahun. Akan tetapi, kalau gugur pada kompetensi memang kompetensinya kurang," katanya.

Baca juga: Pahami Matematika dengan kepekaan bilangan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024