Magelang (ANTARA) - Sebanyak 20 perusahaan nasional dan multinasional berpartisipasi dalam Universitas Tidar (Untidar) Job Fair 2023 membuka peluang karir bagi pencari kerja.

Ketua Panitia Untidar Job Fair 2023 Ikhwan Taufik di Magelang, Rabu, mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama Unit Pelaksana Akademik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPA PKK) Untidar dengan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untidar.

"Kegiatan ini membantu calon pencari kerja melalui pameran karir, 'talkshow' karir, hingga 'walk in interview' untuk memfasilitasi pencarian pekerjaan langsung," katanya.

Dia mengatakan kegiatan ini ingin menjembatani para pencari kerja yang sedang membutuhkan pekerjaan agar dapat terhubung dengan perusahaan atau dunia industri yang sedang mencari tenaga kerja.

"Jadi akan ada simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara pencari kerja dan dunia industri," katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untidar Parmin menyampaikan acara ini bukti nyata keseriusan Untidar untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki keunggulan dan daya saing.

"Perguruan tinggi sekarang dituntut tanggung jawabnya. Bagaimana universitas tidak hanya menerima mahasiswa, memproses melalui kegiatan perkuliahan dan lain-lain. Lebih dari itu, kualitas perguruan tinggi juga ditentukan dari karier para lulusannya. Bahkan di kementerian itu sudah jelas, terpantau sistem," katanya.

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur yang hadir dalam acara tersebut, menekankan pentingnya pendidikan sebagai kunci memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil.

Tenaga kerja yang terdidik, kata dia, memiliki peran penting dalam menggerakkan sektor industri yang pada gilirannya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemerintah Kota Magelang senantiasa memfasilitasi dan berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berpihak pada usaha swasta yang banyak menyerap tenaga kerja. Kami menyadari, sektor industri sangat berperan dalam membangun ekonomi daerah," katanya.

Menurut dia, pembangunan ekonomi Kota Magelang juga bergantung pada sektor industri. Sektor industri mampu menyerap tenaga kerja dan menciptakan nilai tambah pada setiap komoditi serta menjadikannya salah satu penentu pertumbuhan ekonomi.

Selain 20 perusahaan, Untidar Job Fair 2023 juga menyediakan gerai Unit Layanan Bimbingan Konseling (ULBK) Untidar. Gerai ini untuk para pengunjung yang ingin berkonsultasi terkait karir dengan para konselor profesional.

Baca juga: Untidar kenalkan budi daya maggot
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024