Magelang (ANTARA) - Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) mendukung pemerataan pembangunan di daerah kata Bupati Magelang Zaenal Arifin.

"Mari kita bersama-sama melalui penguatan sinergi dan kolaborasi guna mendukung pemerataan pembangunan, agar desa lebih maju dan sejahtera, sekaligus membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut pada pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023 di Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Zaenal menyampaikan program TMMD ini dilaksanakan mulai 20 September hingga 10 Oktober 2023, yang dilaksanakan di Dusun Cepek, Desa Kalibening, Kecamatan Dukun. 

Bentuk kegiatan berupa pembangunan fisik betonisasi jalan dengan panjang 660 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 10 centimeter.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik berupa, penyuluhan kesehatan dari OPD terkait dan penyuluhan kamtibmas/antinarkoba, wawasan kebangsaan dan bela negara dari TNI dan Kepolisian.

"Saya berharap kegiatan TMMD seperti ini dapat terus diselenggarakan dan dikembangkan secara berkelanjutan, karena selain bisa membantu mengatasi kesulitan rakyat, juga sebagai wadah atau sarana yang cukup efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat," katanya.

Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto mengatakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III ini berupa fisik dan nonfisik. Untuk fisik berupa pengecoran jalan, salah satunya di wilayah rawan bencana.

"Dampak atau manfaat dari pengerjaan TMMD ini adalah salah satunya untuk jalur evakuasi dan sebagai jalur transportasi, sehingga nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Selain kegiatan fisik juga ada sasaran non fisik seperti penyuluhan kesehatan dari OPD terkait dan penyuluhan kamtibmas/antinarkoba, wawasan kebangsaan dan bela negara.

"Harapan kegiatan TMMD Sengkuyung bersama masyarakat dan TNI untuk mendukung tugas dari pemerintah daerah," katanya.

Ia menuturkan bahwa target pengerjaan jalan cor blok pada TMMD Sengkuyung Tahap III ini selama satu bulan dan ditambah satu unit rumah yang akan diperbaiki melalui program RTLH. ***1***
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024