Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengharapkan warga Desa Cendana untuk berperan aktif dalam menyukseskan berbagai program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2023.

"Seperti dirasakan bersama bahwa berkat sentuhan TMMD telah banyak desa terfasilitasi akses dan infrastrukturnya sehingga pada akhirnya dapat turut mendorong taraf kesejahteraan masyarakat," katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Purbalingga Yani Sutrisno pada pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu.

Bahkan, menurut dia, berkat TMMD banyak warga desa yang makin termotivasi dan percaya diri mendayagunakan setiap potensi yang ada di sekitarnya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat makin terpacu untuk berkreasi dan punya prakarsa untuk ikut terlibat dalam geliat memajukan pembangunan.

"Oleh karena itu, saya berharap program TMMD ini ke depan dapat makin optimal untuk mendorong kemajuan seluruh desa di wilayah Kabupaten Purbalingga," tegasnya.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer 0702/Purbalingga Letnan Kolonel Infanteri Dipo Sabungan Lumban Gaol menyebutkan beberapa program TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, pada 20 September hingga 19 Oktober 2023.

Sasaran program nonfisik yang akan dilaksanakan, lanjut dia, di antaranya penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat, penyuluhan tentang bela negara dan wawasan kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba, pencegahan bahaya stunting pada anak, serta penyuluhan industri kecil.

Saat membacakan laporan, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0702/Purbalingga Letnan Satu Infanteri Suriyono mengatakan bahwa sasaran fisik TMMD ini berupa pembangunan jalan baru sepanjang 2.338 meter dengan lebar 5 meter, pembangunan jalan makadam sepanjang 250 meter dengan lebar 5 meter, dan pembangunan 3 unit gorong-gorong box culvert.

"TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 menelan total anggaran sebesar Rp335 juta yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp250 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga sebesar Rp85 juta," jelasnya.

Baca juga: Kilang Cilacap turut sukseskan TMMD di Dayeuhluhur

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024