Cilacap (ANTARA) - Peran penting sungai sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna dan warisan alam tak ternilai, sebagian besar kini dalam kondisi memprihatinkan, bahkan permasalahan sampah terutama sampah plastik menjadi ancaman serius yang membutuhkan kepedulian berbagai pihak.

Atas dasar itulah, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap turut serta dalam sinergi Program Kali Bersih (Prokasih) di Kali Yasa kompleks TPI Tegalkatilayu, Kelurahan Tegalkamulyan, bersama Lanal Cilacap, Selasa (5/9). 

Kegiatan tersebut merupakan program nasional yang digelar serentak di 78 Satkorwil serta dipimpin langsung oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dan disiarkan secara live streaming.

Dalam kegiatan itu, Kilang Cilacap menurunkan sukarelawan dari unsur Relawan Pertamina Peduli (Relpi) dan tim sekuriti untuk bergabung dengan elemen sukarelawan lain, antara lain dari Kodim 0703/Cilacap, Polresta Polresta, PT Sumber Segara Primadaya (S2P), Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, PSDKP, Saka Bahari, Gerakan Anti Sampah (GAS), dan Sinergi Filantropi.

Aksi bersih sungai kemudian dilaksanakan serentak di sisi kanan dan kiri Kali Yasa sepanjang 300 meter dengan melibatkan seluruh sukarelawan yang hadir. 

Baca juga: Kilang Cilacap serahkan bantuan APD untuk mendukung Redkar

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengajak masyarakat bersama pemerintah daerah melakukan pengelolaan sampah yang lebih baik, sehingga potensi kebocoran ke lingkungan bisa diminimalisir. 

"Aksi hari ini adalah bukti konkret TNI AL melaksanakan perintah rencana aksi nasional penanganan sampah laut," katanya.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan ada sekitar 398 ribu ton per tahun sampah plastik yang masuk ke laut, dan sungai adalah salah satu jalur sampah plastik masuk laut. 

"Sehingga dengan aksi ini, kita sedang membersihkan jalan air supaya lebih bersih mengalir ke hilir dan sampah tidak terbawa ke laut," tambah Kasal.

Kegiatan dihadiri Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, Kapten Cba. Gunawan Wisasmita mewakili Dandim 0703/Cilacap, Manager General Suport PT KPI RU IV Dian Puspita Rini, dan undangan terkait lain.

Dalam kesempata terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan keterlibatan PT KPI dalam program tersebut menjadi komitmen perusahaan untuk turut menjaga keberlanjutan lingkungan. 

"Kami mendukung sepenuhnya aksi ini. Penanganan sampah sungai sebagai bagian penting dari kehidupan umat manusia butuh keterlibatan banyak pihak. Semakin banyak yang terlibat, semakin baik," katanya.

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan Platinum di Vietnam
Baca juga: Merdeka Run tandai penutupan kegiatan HUT Ke-78 RI di Kilang Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024