Magelang (ANTARA) - Sebanyak 415 atlet mengikuti kejuaraan renang pemula bertajuk Samapta Fun Swim Kid's Competition II tahun 2023 di Samapta Aquatic Stadium Gelora Sanden Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Para atlet pemula tersebut berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, dan Jawa Timur," kata Ketua Pelaksana Samapta Fun Swim Kid's Competition II tahun 2023 Asef F Amani di Magelang, Minggu. 

Ia menyampaikan kejuaraan yang diikuti atlet usia lima hingga 14 tahun dengan 148 nomor pertandingan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan olahraga akuatik bagi jenjang pemula.

Selain itu, katanya kejuaraan ini untuk menyiapkan bibit-bibit atlet pemula dalam mengikuti kegiatan yang bersifat daerah, wilayah, nasional maupun internasional yang akan datang.

"Event Samapta Fun Swim Kid's Competition II tahun 2023 sekaligus sebagai ajang pemanasan menuju kejuaraan tingkat yang lebih tinggi," katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Sarwo Imam Santosa berharap kejuaraan ini nantinya melahirkan atlet-atlet renang di kancah daerah maupun nasional. 

Menurut dia, kegiatan ini menjadi wadah bagi para perenang untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan pribadi dengan memanfaatkan kejuaraan ini sebagai tolak ukur kemampuan.

"Di samping itu bertemunya para atlet sekaligus pecinta olahraga renang dari berbagai daerah tentunya akan menambah khasanah dan pengalaman berharga bagi banyak pihak. Oleh karena itu saya berharap agar para peserta dapat mengikuti kejuaraan dengan penuh semangat sehingga setiap pertandingan dapat menjadi sarana evaluasi sekaligus motivasi untuk meraih prestasi," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan seperti ini sangat penting untuk mencari bibit-bibit atlet, terutama di Kota Magelang agar mereka tahu persis kekuatan bibit-bibit atlet renang di luar Kota Magelang.

"Selama ini mungkin mereka hanya renang, berlatih tanpa ada kompetisi jadi mereka sulit sekali untuk mengukur kemampuan kalau tidak diadakan kompetisi seperti ini," katanya. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024