Semarang (ANTARA) - Upacara Wisuda Ke-97 Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV dan Pelepasan Perwira Siswa Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, dan IV dipimpin oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc.(Eng)., bertempat di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang, Senin (4/9).

Pergelaran wisuda kali ini mengambil tema “Membangun Keunggulan Maritim Global dengan Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini dipilih dengan makna sumber daya yang dihasilkan mampu membawa almamater untuk berkontribusi di industri maritim serta masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMP mengucapkan selamat atas kelulusan yang telah diraih, serta mengingatkan pentingnya peran para lulusan dalam membangun generasi muda yang unggul dan berprestasi.

“Pendidikan merupakan faktor kunci dalam membangun generasi muda yang berkualitas, dan semua pihak harus berkontribusi dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang maritim.,” ujar Djoko mengakhiri sambutannya.

Dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi., M.H., M.Mar., pada upacara Wisuda ke-97, melaporkan bahwa terdapat 242 wisudawan Program Diploma IV Pembentukan, dan 150 peserta Diklat Peningkatan yang telah berhasil menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus. Program Diploma IV terdiri dari Program Studi Nautika 68 orang, Program Studi Teknika 72 orang, dan Program Studi TALK 102 orang.

“Seluruh wisudawan program Diploma IV telah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan peserta diklat peningkatan dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan dan lulus, serta berhak memperoleh Certificate of Competency (CoC) atau sertifikat keahlian pelaut sesuai dengan tingkatannya,” ucap Tri.

Dalam upacara wisuda ke-97 turut hadir pula Forkompimda Jawa Tengah dan Kota Semarang, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan BPSDMP, para Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Senior Direktur, Dewan Pengawas PIP Semarang, para mitra kerja dan stakeholder, Ketua dan anggota Senat PIP Semarang, Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang, Dosen dan Instruktur, serta para keluarga wisudawan. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024