Semarang (ANTARA) - Sejumlah terobosan dilakukan oleh Program Studi D-3 Akuntasi Fakultas Dekabita ITS NU Pekalongan.

Setelah sebelumnya mendapatkan Akreditasi B, terbaru D-3 Prodi Akuntansi  menggelar workshop tinjauan kurikulum dengan menghadirkan para stakeholders dan perwakilan praktisi dari kalangan industri serta turut hadir dari alumni.

Gelar Workshop Tinjauan Kurikulum, Para Dosen dan Alumni Pastikan Mutu Akademik D-3 Prodi Akuntansi ITS NU Pekalongan, Sesuai Kebutuhan Stakeholder.

Acara yang menghadirkan narasumber praktisi dan sekaligus pengurus IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Wilayah Jawa Tengah yakni Riana Sitawati, SE., M.ScIBM, Ph.D., Ak., CA., CPA., CMA, CSRA dan Akademisi dari Politeknik Negeri Semarang (Polines) yakni Dr. Muhammad Noor Ardiansah, SE., M.Si., Akt ini merupakan bentuk komitmen pengelola prodi, guna memastikan bahwa kurikulum yang telah direncanakan telah sesuai dengan kebutuhan para calon pengguna lulusan.

Riana Sitawati, SE., M.ScIBM, Ph.D., Ak., CA., CPA., CMA, CSRA menyampaikan perlunya penyesuaian kurikulum dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja saat ini dan akan lebih baik apabila diselaraskan dengan International Education Standard (IES) sehingga Prodi D3-Akuntansi menjadi lebih diminati di masyarakat.

Dr. Muhammad Noor Ardiansah menekankan  pentingnya penyelarasan dan penyesuaian kurikulum dalam menghasilkan arah lulusan yang siap kerja atau siap berwirausaha dalam era yang semakin kompleks seperti saat ini.

Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITSNU Pekalongan Rizka Ariyanti, SE., MM menambahkan untuk memperkaya pengetahuan dan kompetensi keahlian mahasiswa, Prodi Akuntansi telah melakukan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yaitu : Praktisi Mengajar oleh praktisi Dirjen Keuangan Kemenkeu, Praktisi Digital Marketing, Praktisi Audit oleh KJA (Kantor Jasa Akuntansi). Selain itu Program P2MD (Program Pemberdayaan Masyarakat Desa) Desa Wisata di Kayupuring, Kampus Mengajar, dan Wirausaha Merdeka yang akan di konversi ke dalam beberapa SKS.  

Disampaikan pula oleh Bapak H. Ali Imron, SE., M.Si selaku Wakil Rektor I ITS NU Pekalongan pada saat acara digelar di Aula Kampus ITS NU Pekalongan. Rabu (23/08/23).

“Hari ini kami mengundang para stakeholder, alumni dan sekolah mitra untuk membedah kesesuaian kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan calon pengguna lulusan,” ujar Wakil Rektor I.

"Melalui peran alumni, hari ini para praktisi mulai dari kalangan industri, instansi pemerintah, mitra sekolah, hingga rumah sakit hadir membersamai peserta workshop. Terima kasih kepada seluruh alumni atas dedikasi dan kontribusi untuk pengembangan Prodi D3-Akuntasi,” tambahnya. ***


Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024