Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) memperluas cakupan pelayanan penyediaan air bersih agar masyarakat tidak kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih, utamanya selama musim kemarau.

"Tirta Utama Jawa Tengah kita minta untuk menjadi pionir. Komunikasi dengan PDAM, coverage-nya yang belum terpenuhi di mana, kondisi kedaruratannya seperti apa," kata Gubernur usai meresmikan Kantor PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) di Kota Semarang, Kamis.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan air bersih dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup warga.

"Ini berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat. Kalau air bersih tidak didapat, jangan harap kemudian kualitas kesehatan masyarakat juga akan baik," katanya.

Berkenaan dengan keluhan masyarakat mengenai masalah pelayanan penyediaan air bersih perusahaan-perusahaan milik pemerintah, Gubernur meminta PT Tirta Utama Jawa Tengah dan PDAM meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih.

Dia meminta PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) menerapkan kebijakan yang progresif dalam menyediakan pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat.

"Kita mau ini bukan hanya sekadar gedung untuk mereka berkantor, tapi untuk membuat kebijakan yang betul-betul progresif, khususnya dalam memberikan sumber air bersih kepada masyarakat,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedia dana untuk hadapi kekeringan

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024