Semarang (ANTARA) - Repro Mandiri 08 yang merupakan relawan Prabowo Subianto mengusulkan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum Repro Mandiri 08 Rahman Fajriyansah, di Semarang, Rabu, menyampaikan bahwa Gibran menjadi pilihan terbaik untuk mendampingi Prabowo yang maju sebagai calon presiden pada Pilpres mendatang.

"Apakah itu akan disetujui oleh partai politik koalisi, kami tetap serahkan ke ketua umum partai politik," katanya, saat deklarasi Repro Mandiri 08 wilayah Jateng.

Menurut dia, sosok Gibran menjadi penting untuk menjaring pemilih dari kalangan muda, terutama generasi Z dan milenial yang porsinya mencapai lebih dari setengah jumlah pemilih pada Pilpres 2024.

Ia menjelaskan bahwa Repro Mandiri 08 diinisiasi oleh alumni Universitas Diponegoro Semarang yang berlatar belakang kalangan profesional yang bertujuan memenangkan Prabowo sebagai presiden.

Pemilu 2024 secara nasional didominasi oleh generasi milenial sebanyak 33,6 persen, generasi X (28,1 persen), generasi Z sebanyak 22,9 persen, dan generasi baby boomer (13,7 persen).

"Sedangkan untuk wilayah Jateng, pemilih generasi milenial ada 32 persen, generasi X ada 28,3 persen, generasi Z 20,8 persen, dan generasi baby boomer sebesar 16,6 persen," katanya.

Artinya, kata dia, potensi pemilih muda di Jateng sangat besar yang bisa dimaksimalkan untuk memilih Prabowo pada Pilpres 2024, mengingat sumber kekalahan Prabowo selama ini adalah Jateng.

"Pada Pilpres 2019, selisih suara Jokowi dengan Prabowo secara nasional adalah 21,29 juta jiwa. Dan Jawa Tengah penyumbang sumber kekalahan terbesar bagi Prabowo, yakni 11,85 juta jiwa atau 55,7 persennya," lanjutnya.

Karena itu, Repro Mandiri 08 akan menyasari kalangan milenial di Jateng, terutama di daerah-daerah dengan penduduk besar, seperti Brebes, Cilacap, Banyumas, Grobogan, Klaten melalui pemberdayaan karang tarunanya.

Untuk memenangkan Prabowo, kata dia, Repro Mandiri 08 akan mengerahkan sebanyak 265 ribu relawan di Jawa Tengah yang disebar di 117 ribu tempat pemungutan suara (TPS) yang akan berjuang untuk meraih setidaknya 11 juta suara.

Sementara itu, Sekjen Repro Mandiri 08 Ardas Patra menyebutkan empat variabel pemenangan pada pilpres, yakni figur calon presiden, figur calon wakil presiden, mesin politik, yakni parpol dan relawan, serta "endorsement" politik.

"Sebagai modal, Prabowo selama dua kali pilpres selalu meraih 45 persen. Secara statistik angka tidak bergeser. Variabel cawapres berpengaruh. Karena itu, kami mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya," katanya.

Pemilihan Gibran sebagai cawapres Prabowo, kata dia, melalui proses, kajian, dan pertimbangan yang cukup panjang, salah satunya sosoknya untuk mendulang suara dari pemilih Jokowi, generasi milenial, dan generasi Z.

Repro Mandiri 08 wilayah Jawa Tengah diketuai oleh Mukminarto yang memiliki empat bidang penggalangan suara, yaitu penggalangan pondok pesantren, UMKM, generasi milenial dan generasi Z, serta penggalangan wilayah pesisir.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024