Kudus (ANTARA) - Penyandang disabilitas di wilayah Keresidenan Pati, Jawa Tengah, menggelar lomba olahraga goalball atau bola gawang untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Olahraga goalball yang khusus untuk penyandang tunanetra itu digelar di halaman Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus, Rabu.

Menurut Kepala Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus Sundarwati di Kudus, lomba goalball tingkat Keresidenan Pati ini merupakan yang pertama dan didukung DPC Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Kudus.



Adapun peserta lombanya, mulai dari anggota Pertuni Kabupaten Kudus, Demak, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan. Setiap daerah mengirimkan satu tim dengan jumlah anggota tiga orang.

Ia berharap dengan adanya lomba ini, penyandang tunanetra maupun penyandang disabilitas lainnya bisa ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang silaturahim untuk mempererat kekeluargaan, kesetiakawanan dan kekompakan antarsesama penyandang disabilitas di Keresidenan Pati," ujarnya.



Olahraga goalball dimainkan oleh dua tim terdiri atas tiga orang yang saling berhadapan. Cara bermainnya dengan menggelindingkan bola ke arah lawan.

Dalam bermain, masing-masing pemain harus mengandalkan indera pendengaran sepanjang pertandingan berlangsung, karena semua mata peserta lomba ditutup dengan penutup mata mengingat ada peserta yang masih bisa melihat.

Baca juga: Pemkot Semarang siap gelar liga voli khusus putri antarkecamatan

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024