Semarang (ANTARA) - Mahasiswa KKN TIM II Undip 2022/2023 mengusung tema Super Mom untuk memberikan motivasi dan inovasi kepada ibu-ibu yang memiliki balita di Desa Gandarum agar menjadi ibu yang tangguh.

Desa Gandarum menjadi salah satu lokus stunting di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang membuat fokus perhatian pemerintah dalam memberantas kondisi stunting pada anak-anak.

Terdapat kurang lebih 47 anak yang dikategorikan mengalami kondisi stunting dengan beragam faktor yang memengaruhinya seperti minimnya pengetahuan orang tua, pola pengasuhan, dan pemenuhan gizi anak. 

Kegiatan Super Mom menjadi pijakan awal dalam upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para ibu di desa setempat dalam merawat anak-anak mereka secara optimal, termasuk pencegahan stunting, pengembangan pola asuh anak, manajemen keuangan keluarga, dan inovasi makanan sehat serta bergizi untuk balita. 

Kegiatan dilaksanakan di kediaman Agus Suyudono, selaku Kepala Desa Gandarum serta dihadiri para kader Posyandu dan 47 ibu dengan balitanya.

Dalam acara Super Mom, Kepala Desa Gandarum memberikan sambutan dengan mengungkapkan pentingnya peran ibu dan ilmu dalam membersamai pertumbuhan dan perkembangan anak agar sehat dan kuat. 

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi titik awal para ibu di Desa Gandarum untuk lebih memahami kebutuhan anaknya. 

Ada empat materi, materi pertama  diisi Margareth Angelin Chatarina mahasiswi jurusan Kedokteran Umum dengan mengajak para ibu untuk mengetahui dan memahami dampak buruk dari stunting saat pertumbuhan anak. 

Angel menjelaskan pentingnya gizi seimbang, pola makan, dan evaluasi pertumbuhan dari kader posyandu untuk mencegah stunting sejak dini. Para ibu diberi informasi terkait stunting, ciri-ciri stunting, dan bagaimana mencegah dan mengobatinya. 

Materi kedua mengenai pola asuh anak yang diisi oleh Vania Fesyandha Winata mahasiswi jurusan Psikologi dengan mengajak dan mengajarkan para ibu mengenai pentingnya pola asuh positif terhadap anak. Sesi ini juga memberikan kesempatan para ibu untuk mencurahkan rasa emosionalnya selama mengasuh anaknya. 

Selanjutnya, materi mengenai cara mengelola keuangan yang diisi Elroy Garimbanua Zebua mahasiswa Akuntansi Perpajakan dengan memberikan tips bagaimana cara mengelola keuangan sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

Materi terakhir mengenai makanan dan cemilan sehat untuk balita, yaitu nugget ikan dan puding jagung. Materi makanan sehat diisi oleh Farah Risti Fortuna mahasiswi jurusan Perikanan Tangkap dengan memberikan resep membuat nugget ikan dari ikan nila yang sehat dan enak. 

Sedangkan materi mengenai cemilan sehat PMT diisi oleh Ananda Rihhadatul’Aisy mahasiswi jurusan Kimia memberikan edukasi gizi dan resep cemilan sehat PMT untuk balita.
 
Selanjutnya terdapat sesi kuis berhadiah, jika ibu-ibu dapat menjawab pertanyaan maka akan mendapatkan goodie bag serta disediakan juga permainan sensory play yang berguna untuk melatih perkembangan sensorik dan motorik anak yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti, agar-agar, bihun, tepung roti, dan lain-lain. 

Permainan tersebut di antaranya bermanfaat untuk menstimulasi ketujuh panca indera pada anak dan dari keseluruhan kegiatan tersebut diharapkan para ibu mampu menerapkan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro sebagai upaya pencegahan stunting yang berkelanjutan  pada anak di Desa Gandarum.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024