Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, meminta semua perusahaan untuk menyepakati pengaturan jam masuk kerja bagi karyawan, sehingga kepadatan arus lalu lintas saat berangkat kerja maupun kepulangan di Jalan Jepara-Kudus bisa diurai.

"Kemacetan yang sering terjadi di Jalan Raya Jepara-Kudus, khususnya pada saat jam keberangkatan ke kantor karena volume kendaraan meningkat," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menggelar Jumat Curhat Polres Jepara yang dikemas dengan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) di Aula Mapolres Jepara, Jumat.

Peserta yang diundang tidak hanya dari masyarakat, melainkan ada pula dari Human Resource Department (HRD) perusahaan yang ada di Kabupaten Jepara.

Meningkatnya volume kendaraan dari tahun ke tahun, kata dia, akhirnya menimbulkan kemacetan kendaraan sehingga saat berangkat kerja juga harus bersabar untuk bergiliran bisa melintas dengan lancar.

Untuk itulah, imbuh dia, selain harus ada kesepakatan soal pengaturan jam kerja dari masing-masing perusahaan di Jepara, Polres Jepara juga akan menempatkan petugas bersama petugas keamanan masing-masing perusahaan.

"Nantinya, di lokasi yang rawan kemacetan akan kami siagakan petugas untuk mengurai arus lalu lintas agar lancar," ujarnya.

Terkait dengan keluhan masih dijumpai sejumlah karyawan perusahaan yang tidak tertib berlalu lintas, dia menginstruksikan kepada jajaran Satlantas dan Satbinmas Polres Jepara untuk melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas ke perusahaan.

"Kami juga siap memberikan sosialisasi, jika perusahaan mengundang untuk melakukan edukasi safety riding maupun penyuluhan Kamtibmas di lingkungan perusahaan bagi para karyawan," ujarnya.

Ia mengajak semua perusahaan yang ada di Jepara untuk ikut mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan ikut memberikan informasi kepada Polri dan juga mendukung program pembangunan pemerintah Kabupaten Jepara.

"Pihak perusahaan dan petugas kepolisian saling membutuhkan, dengan kegiatan pertemuan dan menjalin komunikasi bersama ini diharapkan dapat memperkuat sinergisme, kerja sama, silaturahmi dengan perusahaan sebagai mitra Polri," ujarnya.

Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Basirun menambahkan dengan adanya pertemuan antara Polres Jepara dengan perusahaan dapat menjalin sinergitas bersama, sehingga permasalahan yang terjadi nantinya dapat diselesaikan dengan baik.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024