Semarang (ANTARA) - Sebanyak 1.000 pelari bersemangat mengikuti Bank Jateng Friendship Run yang dilepas Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, dari di Alun-Alun Kota Surabaya, Minggu (23/7) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Event lari yang menempuh jarak 5 km ini dan mengambil start dan finis di Alun-Alun Surabaya ini digelar sebagai bentuk kampanye lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di Magelang pada 19 November mendatang.

Agenda Friendship Run, sebelumnya digelar di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.
  Pelari Bank Jateng Friendship Run mulai berlari dari titik start Alun-Alun Kota Surabaya, Jatim. Dok. BorMar 2023 
Dalam sambutannya, Wagub Emil menyebut meskipun penyelenggaranya adalah Bank Jateng, namun adanya event di Kota Surabaya dapat mengetahui kemajuan dan kebersihan serta keindahan Kota Pahlawan ini. Apalagi pesertanya banyak dari luar Surabaya sehingga sekaligus untuk berwisata.

Wagub juga menambahkan, lari persahabatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, karena ribuan peserta yang hadir tentunya berdampak positif pada perekonomian Ibukota Jawa Timur ini. 

"Saya apresiasi pada Bank Jateng yang telah memilih kota ini sebagai tempat untuk agenda Friendship Run. Semoga lari persahabatan ini mampu meningkatkan kerja sama antarkota-kota lainnya," paparnya.


Berdayakan UMKM

Sebagai bagian dari road to Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, Bank Jateng Friendship Run Surabaya juga menghadirkan suasana khas Magelang. Para pelari bisa menikmati sajian kuliner asal Magelang yang sudah dikurasi, yakni Nasi Telang “KWT Lestari”, Nasi Goreng Magelangan “Handayani”, D’noel Mangut Beong, dan Dawet Ireng Ketan Hijau “Nak Robil”.


Dirut Bank Jateng Supriyatno menandaskan, kehadiran pelaku UMKM kuliner Magelang pada setiap ajang Friendship Run di berbagai kota, diharapkan memberikan pengalaman pada mereka, sekaligus sarana mengenalkan kuliner Magelang. Bank Jateng, kata dia, terpanggil untuk memberdayakan pelaku UMKM.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengapresiasi antusiasme peserta yang tampil pada gelaran ini. ''Semangat lari mereka luar biasa. Harapan kami, suatu saat mereka juga akan datang ke Magelang untuk mengikuti  Borobudur Marathon,'' tandasnya. ***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024