Batang (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bersama para kepala desa yang tergabung dalam Paguyuban Sang Pamomong setempat pada rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-63 Adhyaksa menyelenggarakan kegiatan donor darah.

Kepala Kejari Batang Mukharom di Batang, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut diikuti oleh para kepala desa, pegawai kejaksaan, anggota kepolisian, dan anggota Komando Distrik Militer 0736/Batang.

"Kegiatan donor darah dalam menyambut Hari Adhyaksa memang sudah tiga tahun berhenti karena adanya pandemi COVID-19. Oleh karena, pada Hari Adhyaksa 2023, kami selenggarakan lagi kegiatan bakti sosial ini," katanya.

Dikatakan, kegiatan ini semata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah seperti karena korban kecelakaan dan penyakit tertentu yang membutuhkan transfusi darah.

"Selain itu, kami berharap kegiatan donor itu bisa membantu ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia agar tetap cukup bagi warga yang membutuhkan darah," katanya.

Pada peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ini juga dimeriahkan beberapa pertandingan olahraga dan pelepasan balon, serta anjangsana ke panti asuhan dan para pensiunan.

Pihaknya juga akan melakukan ziarah ke makam pahlawan pada 21 Juli 2023 dan melaksanakan upacara bendera pada Sabtu (22/7) pagi.

Wakil Ketua Paguyuban Sang Pamomong Kabupaten Batang Abdul Mukti mengatakan ada sekitar 30 kepala desa yang ikut donor dalam rangkaian menyambut Hari Adhyaksa 2023.

"Selama ini hubungan para kades dan kejaksaan sudah terbina dengan baik, bahkan bisa dikatakan seperti orang tua dengan anaknya. Oleh karena itu, saya berharap pada para kades agar terus membina hubungan baik ini dengan tidak melakukan tindak pidana," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang sediakan rumah singgah ODGJ
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024