Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 152 anak di wilayah operasional Kilang Cilacap mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan Baituzzakah Pertamina (Bazma) RU IV Cilacap.

Salah satu program rutin andalan ini dilaksanakan di Kantor Bazma, kompleks Masjid Baiturrahmah Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Sabtu (8/7).

Para peserta khitanan massal berasal dari beberapa wilayah, seperti Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap Utara, Cilacap Tengah, Kesugihan, Jeruklegi, dan sekitarnya.

Saat membuka kegiatan, Ketua Bazma RU IV Cilacap Ahmad Din Sormin mengatakan khitanan massal rutin sebagai wujud kepedulian pada sesama, khususnya warga kurang mampu di lingkungan terdekat. 

"Alhamdulilah dalam setiap penyelenggaraan khitanan massal, antusiasme masyarakat selalu tinggi. Ini membuktikan program ini memang tepat dijadikan sebagai agenda rutin Bazma," ujarnya.

Ia mengharapkan program tersebut benar-benar memberikan manfaat dan meringankan biaya yang harus dikeluarkan untuk khitanan. 

Baca juga: Kilang Cilacap Didaulat sebagai percontohan implementasi Barrier Management System

"Program ini gratis, tidak ada biaya apapun. Peserta khitanan juga diberikan bingkisan dan tambahan uang saku," jelasnya.

Ahmad Din mengatakan kegiatan sosial tersebut menjadi implementasi misi perusahaan PT KPI RU IV selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

"Ini sejalan dengan tujuan SDG’s ketiga yakni memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia," tegasnya.

Ketua Harian Bazma RU IV Cilacap Sayidi mengharapkan khitanan massal menjadi sarana mempererat silaturahmi dengan masyarakat di sekitar perusahaan. 

"Kilang ini ada di Cilacap. Tentu kami lakukan upaya maksimal dan optimal memberikan manfaat sebesar-besarnya melalui berbagai kegiatan yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) Cilacap Mahmudah Edy Januari. 

Selain Bazma, acara tersebut juga didukung oleh PWP, Patra Cahaya Kusuma (PCK) Koperasi Wanita Patra (KWP), Koperasi Pekerja Pertamina (Kopama), dan Rumah Sakit Pertamina Cilacap (RSPC).

Baca juga: Family Road to Refinery di Kilang Cilacap tumbuhkan kebanggaan sebagai keluarga besar Pertamina
Baca juga: Kilang Cilacap raih Nusantara CSR Awards 2023
Baca juga: Sambangi Cilacap, Pertamina Investor Day 2023 melihat lebih dekat Kilang Biorefinery

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024