Temanggung (ANTARA) - Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan penyelenggaraan festival karawitan di Kabupaten Temanggung diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan seni dan budaya di Tanah Air.

"Festival karawitan ini baru pertama diselenggarakan di Kabupaten Temanggung ini, semoga tahun depan semakin bergengsi dan dapat memajukan seni dan budaya," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa usai menyaksikan festival karawitan di Gedung Kesenian Sasana Bhumi Phala Kabupaten Temanggung.

Kegiatan Festival Karawitan diikuti oleh 16 kelompok yang mewakili 16 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung.

Khadziq mengatakan Kabupaten Temanggung ini memang kaya dengan kelompok kesenian tradisional, salah satunya yang populasinya banyak di lingkungan masyarakat adalah seni karawitan.

Oleh karena itu, tahun ini mulai diselenggarakan festival karawitan se-Kabupaten Temanggung yang diikuti perwakilan kecamatan dan antusiasmenya dari masyarakat besar. 

"Ternyata kualitas seniman, budaya Kabupaten Temanggung ini tidak kalah bagus dibanding daerah lain di Jawa. Kita akan terus kembangkan festival karawitan dan tahun ini dilaksanakan sebagai bagian dari 'road map' menuju ke festival kesenian Temanggung Agustus mendatang," katanya.

Menurut dia festival karawitan ini salah satu cara untuk melihat perkembangan kesenian, setelah langkah-langkah dilakukan pemerintah untuk memajukan seni budaya.

"Di sinilah kita mengevaluasi dan sambil meletakkan seni budaya ini dalam konteks kepariwisataan untuk menambah kunjungan wisata dan atraksi wisata, menarik wisatawan yang ujungnya nanti adalah untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya. 

Baca juga: Tujuh seniman Yogyakarta pameran seni rupa di Borobudur

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024