Semarang (ANTARA) - Bank Jateng Friendship Run pada Minggu (9/7) pagi akan menyapa warga di Yogyakarta, tepatnya di halaman Museum Benteng Vredeburg, setelah bulan lalu menyambangi Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Sekitar 1.000 pelari dari berbagai komunitas dan warga Yogyakarta akan menyemarakkan Friendship Run yang merupakan kampanye untuk Borobudur Marathon ini. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dijadwalkan ikut berlari event ini.

Demikian siaran pers yanf diterima dari Panitia Borobudur Marathon 2023, di Semarang, Sabtu.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, menjelaskan bahwa sama seperti kota - kota yang disinggahi sebelumnya, ajang Bank Jateng Friendship Run di Yogyakarta ini terasa istimewa, selaras slogan kota ini yaitu "Jogja Istimewa".

Alasannya, selama mengikuti mengikuti lari yang berkonsep fun ini, pelari tak hanya berolahraga tetapi diajak berwisata heritage. Ada cagar budaya Benteng Vredeburg, dan Jalan Malioboro yang berlokasi diantara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Tugu Pal Putih. Jalan Malioboro dikenal sebagai wisata yang melegenda dan mendunia.

''Saya kira ini Friendship Run ini akan memberikan sport tourism yang kental. Meraih kebugaran dengan berlari dan sembari berwisata. Sambutan warga Yogya atas kegiatan ini bakal luar biasa, dan harapannya dari mereka juga bisa mendapatkan slot untuk tampil di Borobudur Marathon 19 November nanti di Magelang,'' kata Liem Chie An, saat dihubungi Sabtu 8 Juli 2023.

Dia juga menjelaskan, Friendship Run di Yogya pun masih mengusung misi memberdayakan UMKM melalui Bank Jateng Pawone dengan menyuguhkan kuliner khas Magelang. Adapun menu yang besok akan memanjakan pelari adalah Ayam Geprek Mbah Bah, Mangut Iwak Bu Siti, jajanan tradisional Jasa Boga, dan jamu Gendhis Arum.
  Race pack untuk Frienship Run di Yogyakarta, Minggu. Dom. BorMar 2023 
Rute

Sementara itu, Event Media Commnication Daniella Rasita menjelaskan Friendship Run akan menempuh jarak 5 km. Dimulai start dari Benteng Vredeburg, peserta melewati Jalan Senopati, Jalan Mayor Suryoutomo, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Margo Utomo, dan kembali Malioboro, Ahmad Yani, dan finis di Vredeburg.

Sebanyak 1.000 pelari akan menyemarakkan event ini. Pada Sabtu (8/7) hari ini peserta mengambil race pack (perlengkapan lari) di Hotel Santika Premiere. Dia menambahkan, guna memberikan warna Friendship Run ini, panitia menggelar ajang Best Costume yaitu pemilihan bagi peserta yang mengenakan kostum unik.

Sebelumnya, pada Sabtu (8/7) pagi tadi digelar The Tour yaitu acara easy run sejauh 3 km bagi komunitas undangan sebanyak 80 peserta, dan diakhiri dengan kegiatan gathering di Sekar Kedaton Restaurant. Sejumlah komunitas lari yang terlibat diantaranya, Playon Jogja, Freeletics Jogja, RIOT Jogja, Ubur Ubur Lari, Musang Running Team, Gunung Kidul Runners, Bantul Runners, dan Mataram Runners Jogja.***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024