Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan seleksi lanjutan seperti wawancara, tes tertulis dan panggung peragaan (catwalk) kepada 75 calon Duta Wisata 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Pekalongan Sahlan di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa pemilihan calon Duta Wisata 2023 berbeda dengan sebelumnya karena boleh diikuti peserta dari daerah lain.

"Jumlah peserta yang mendaftar duta wisata pada awalnya sebanyak 86 orang. Akan tetapi setelah proses seleksi secara administrasi hanya diikuti 75 orang terdiri atas 30 orang laki-laki dan 45 perempuan," katanya.

Peserta yang tidak hadir pada saat proses seleksi administrasi, kata dia, dinyatakan gugur.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Retno Purnomo mengatakan panitia memberikan syarat usia peserta duta wisata yaitu 17 tahun hingga 24 tahun.

Adapun pengumuman tahapan seleksi ini, kata dia, akan diumumkan Selasa (4/7) untuk dipilih 10 pasang mas dan mbak finalis Duta Wisata 2023.

Menurut dia, seleksi wawancara meliputi kemampuan berbahasa Jawa, bahasa Inggris, berbicara di depan umum, pengetahuan kepariwisataan, pengetahuan umum, penampilan, psikologi dan kepribadian.

"Kami juga menyisipi dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Kota Pekalongan terutama tentang pariwisata dan budayanya," katanya.

Ia mengatakan setelah terpilih 10 pasang finalis Mas dan Mbak Duta Wisata 2023, peserta akan menjalani karantina selama tiga hari dan dilanjutkan 22 Juli melakukan unjuk bakat, serta 5 Agustus 2023 dilaksanakan babak akhir pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata 2023.

"Kami berharap pemilihan Duta Wisata 2023 bisa lebih baik dan maju daripada tahun sebelumnya karena jika melihat potensi pendaftarnya bisa terwujud. Dari awal seleksi, kami juga melihat penampilan mereka sudah mempersiapkan semuanya dengan matang," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024