Semarang (ANTARA) - Lima tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terdiri atas tiga subbidang Kewirausahaan (PKM-K) dan dua subbidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Semarang (USM) berhasil lulus seleksi pendanaan Kemristek Dikti, Jumat (15/6/2023).

Tiga tim PKM-K diketuai Syajarotul Jaziroh dengan judul ''Briket Arang Batang Jagung'', Ayu Safara Raegina Putri dengan judul ''Produk Sabun Antiseptik dari Olahan Kayu Secang sebagai Upaya Mengobati dan Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Kulit'', Nadia Kamila Ashari dengan judul ''SHOBARIKANI (Shopping Bag fari Kain Goni) Sebagai Pengganti Kantong Kresek dan Upaya Menerapkan Eco Lifestyle''.

Sedangkan dua tim PKM-PM diketuai Melisa Kusumaning Mastuti dengan judul ''Pemberdayaan Kelompok PKK Desa Sonokulon melalui Pengolahan Limbah Kulit Pisang Menjadi Kripik Kulit Pisang yang Memiliki Nilai Jual'', dan Sinta Oktafia dengan judul ''Upaya Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Motorik melalui Karya Seni Lukis pada Anak Usia Dini TK Islamadina Semarang''.

Dosen pendamping tim PKM USM, Harmini ST M Eng, mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi pelaksanaan program PKM sesuai pada proposal sebagai bentuk dukungan terhadap mahasiswa.

''Kami mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan program, melakukan monitoring dan evaluasi setelah setiap program dilakukan,'' kata Harmini.

Dia berharap, mahasiswa dapat mencapai target masuk menjadi peserta dan juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

''Kami berharap mahasiswa dapat memiliki jiwa dan kemampuan untuk berkompetisi pads ajang prestasi nasional, tidak hanya sampai lolos pada pendanaan namun harapan menjadi juara Pimnas dapat diraih oleh kelima mahasiswa USM,'' ungkapnya.

Salah satu Ketua Tim PKM, Sinta Oktafia mengatakan, keberhasilan dalam pendanaan merupakan tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan dengan baik.

''Untuk mencapai tahap ini tidak lah mudah, maka dari itu kami akan memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini,'' kata Sinta.

Dia berharap, PKM-PM yang akan dilakukannya dapat memberikan perubahan nyata terhadap mitra dan masyarakat. Serta dapat membawa timnya menuju Pimnas.

''Kami akan berusaha sebaik mungkin agar PKM-PM dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat membuahkan hasil yang bermanfaat dan memberikan perubahan nyata bagi mitra dan masyarakat. Juga besar harapan kami kami dapat lolos sampai ke Pimnas,'' ungkapnya. ***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024