Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, mengajak masyarakat di Kecamatan Tahunan untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat agar turut menjaga kebersihan pantai, Polres Jepara bersama masyarakat menggelar gerakan bersih-bersih pantai di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Jumat (16/6).

"Gerakan bersih-bersih pantai ini diharapkan bisa berlanjut, sehingga menjadi langkah nyata dalam mengelola laut secara berkesinambungan," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat memimpin gerakan bersih pantai di Pantai Teluk Awur dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 di Jepara, Jumat.

Jangan sampai, kata dia, pantai yang sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata laut di Kabupaten Jepara tercoreng gara-gara kebersihannya tidak terjaga, menyusul banyaknya sampah berserakan.

Apalagi, dari sisi ekonomi laut bisa menjadi penopang mata pencaharian masyarakat dan ketika dikelola dengan benar tentu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Wisatawan juga senang berkunjung, bahkan jangka panjang bisa meningkat karena pantainya terjaga kebersihannya," ujarnya.

Untuk itulah, imbuh dia, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai harus ditingkatkan, termasuk para pengunjungnya juga diedukasi untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Desa atau Petinggi Desa Teluk Awur Rokhman mengapresiasi adanya gerakan bersih-bersih pantai, sekaligus untuk mengingatkan kembali pentingnya menjaga lingkungan sekitar demi kepentingan bersama.

"Nantinya semua masyarakat juga akan menikmati hasilnya, ketika kebersihan pantai terus terjaga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga akan mendongkrak roda perekonomian masyarakat," ujarnya.

Kampanye kebersihan juga dilakukan di objek wisata Museum RA Kartini yang merupakan salah satu cagar budaya yang di miliki Kabupaten Jepara. Museum RA Kartini juga menjadi salah satu destinasi andalan karena selama ini dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air.

Kegiatan lain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, yakni donor darah, pelayanan kesehatan, pemberian santunan dan kegiatan kebersihan di tempat ibadah serta obyek wisata. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024