Jakarta (ANTARA) - Lembaga AKSARA Research and Consulting merilis hasil survei terkait Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Semarang tahun 2024, dua nama menguat.

Walikota Semarang saat ini Hevearita G. Rahayu mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan tingkat keterpilihan sebesar 26,3 persen, kata Direktur Eksekutif AKSARA Research Hendri Kurniawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Namun tokoh yang justru difavoritkan oleh pemilih muda dalam survei kali ini adalah A.S. Sukawijaya atau Yoyok Sukawi yang selama ini getol mengurus PSIS Semarang.

Survei dilakukan 5-15 Mei 2023 melibatkan 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 4,9 persen.

Pada survei sebelumnya yakni Januari 2023, yang khusus memotret persepsi politik anak muda Hevearita paling difavoritkan memimpin Kota Semarang dengan tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 25,7 persen.

Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin  mengalami tren kenaikan yang cukup signifikan. Saat ini elektabilitas Iswar mencapai 13,8 persen, dalam survei Januari lalu hanya 9,2 persen yang didukung pemilih tua. 

Kemudian, ada tokoh baru mendapatkan dukungan dari responden, yaitu Achmad Yudi Suwarso. Perwira Polisi itu mendapatkan angka keterpilihan sebesar 4,4 persen.

Menurutnya, munculnya tokoh baru itu menggambarkan bahwa kontestasi politik dalam Pilkada Kota Semarang masih cukup dinamis.

 

Pewarta : Fauzi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024