Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil menempati peringkat 5 dari 10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Indonesia berdasarkan Uniranks yang merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi terbesar di dunia.

Dalam hal ini Uniranks telah merilis daftar 100 universitas negeri maupun swasta terbaik di Indonesia untuk edisi 2023 berdasarkan penilaian terhadap sejumlah indikator yang meliputi Student Wellbeing, Facilities, Awards, Employability, Local and international ranks, Internationalization and Diversity, Academic and Researchers, Quality of Education, Web Impact, Digitalization and Smart University, serta Elite Manual Audit.

Berdasarkan data yang disajikan Uniranks melalui laman https://www.uniranks.com/ranking/top-country?region=Asia&country=Indonesia diketahui bahwa UMP menempati peringkat 72 dari 100 universitas negeri maupun swasta terbaik di Indonesia.

Dalam pemeringkatan yang dilakukan Uniranks itu terdapat 10 PTM di Indonesia, salah satunya UMP yang berada di peringkat 5. Berikut 10 PTM terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Uniranks:

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2. Universitas Ahmad Dahlan
3. Universitas Muhammadiyah Surakarta
4. Universitas Muhammadiyah Malang
5. Universitas Muhammadiyah Purwokerto 
6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 
7. Universitas Muhammadiyah Semarang
8. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka 
9. Universitas Muhammadiyah Ponorogo 
10.Universitas Muhammadiyah Metro. 

Terkait dengan hal itu, Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Bambang Setiaji MSi mengungkapkan syukur dan terima kasih atas pemeringkatan yang dilakukan oleh UNIRANKS sebagai lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional.

Baca juga: UMP terima wakaf tanah-bangunan untuk pengembangan kampus di Tegal

"Dari capaian ini, tentu kami berharap, dengan masuknya PTM akan menjadi pemacu dan pemicu untuk terus mengembang diri. Dan apa yang telah diraih oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), ini bukan hanya menjadi kebanggaan kampus tersebut, juga menjadi kebanggaan kita bersama," katanya.

Dengan capaian tersebut, dia mengharapkan hal itu dapat disyukuri dengan wujud mengimplementasikan bentuk kerja-kerja nyata dalam upaya meningkatkan prestasi ke depan.

Sementara itu, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan UMP akan terus menargetkan peningkatan peringkat perguruan tinggi secara signifikan. 
 
"Alhamdulillah, prestasi ini harus disertai dengan kegigihan, kesungguhan dan visi ke depan dan seluruh civitas academica UMP untuk menjadikan sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang Unggul Berkemajuan," katanya.
 
Menurut dia, perolehan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh civitas academica UMP yang cukup membanggakan.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan prestasi bagi UMP sudah menjadi kebijakan kampus, baik prestasi perangkingan, prestasi dosen, maupun mahasiswa. 

"Kami memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati," jelasnya. 
 
Melalui berbagai temuan dan inovasi yang dilakukan, kata dia, berbagai produk teknologi tepat guna telah dihasilkan para mahasiswa.
 
Rektor mengatakan dalam penyelenggaraan pendidikan di masing-masing program studi (prodi), pihaknya menekankan agar masing-masing fakultas atau prodi memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing.
 
"Untuk itu, setiap tahun kami berikan hibah pada setiap fakultas untuk membuat program untuk mempertajam keunggulan masing-masing," tegasnya. (tgr)

Baca juga: Tiga mahasiswa UMP lolos beasiswa IISMA 2023
Baca juga: Gema Surya Suara UMP raih juara pada Festival Seni Pertunjukan Indonesia

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024