Kudus (ANTARA) - Pos Pelayanan Operasi Ketupat Candi 2023 yang didirikan Polres Kudus, Jawa Tengah di depan Terminal Induk Jati Kudus dilengkapi dengan layanan tanpa turun kendaraan atau drive thru untuk pemeriksaan kesehatan para pemudik yang kebetulan melintas.

Pemudik yang berkesempatan memanfaatkan layanan drive thru, di antaranya ada pemudik bersepeda motor dan pemudik yang membawa mobil.

Davi, salah satu pemudik asal Jakarta di Kudus, Rabu, mengaku berterima kasih dengan adanya layanan pemeriksaan kesehatan tanpa harus turun dari mobil.



"Hasil pemeriksaan kesehatan tidak ada masalah karena tensi darah juga normal," ujarnya.

Kasi Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polres Kudus Eny Puji Utami mengungkapkan tercatat ada 15 pemudik yang memanfaatkan layanan kesehatan drive thru, karena tim Dokkes sudah mempersiapkan personel dan peralatan medis untuk pemeriksaan kesehatan pemudik.

Selain melayani pemeriksaan kesehatan secara gratis, pihaknya juga memberikan obat-obatan dan vitamin kepada pemudik.

Jenis pelayanan dasar yang diberikan menggunakan alat Remmote Medical Consultation (RMC) berupa cek tensi darah.

Dengan adanya layanan tersebut, diharapkan dapat membantu, khususnya masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan di tengah suasana mudik Lebaran. Sedangkan lokasinya yang berada di tepi jalan dalam rangka memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengimbau para pemudik untuk menjaga kesehatan saat menuju kampung halaman, termasuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku demi kenyamanan, kelancaran dan keselamatan para pemudik hingga selamat sampai ke tujuannya.



"Jika ada keluhan sakit atau kurang enak badan selama perjalanan, ketika sampai di Kudus silakan mampir ke Posyan Terminal Induk Jati, karena ada layanan pemeriksaan kesehatan drive thru. Jika capek atau mengantuk bisa istirahat dahulu di Pos Lebaran atau rest area," ujarnya.

Selain itu, Polres Kudus juga membuka penitipan sepeda motor gratis selama momen mudik Lebaran 2023, mulai di tempat parkir Polres Kudus dan sembilan Polsek jajaran.

Baca juga: Kemacetan di Pasar Temanggung

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024