Temanggung (ANTARA) - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bersama tim Satgas Pangan melakukan pengecekan barang beredar di sejumlah toko swalayan menjelang Lebaran 2023.

Kepala Bidang Perdagangan Diskopdag Kabupaten Temanggung Pontjo Marbagjo di Temanggung, Selasa, mengatakan kegiatan ini sebagai upaya perlindungan kepada konsumen.

"Kami memastikan barang yang beredar tidak kedaluwarsa dan kami juga melakukan sampel penimbangan barang seperti beras dan gula pasir untuk memastikan bahwa barang yang dijual itu sesuai berat yang tertera di kemasan," katanya usai melakukan pengecekan di toko swalayan Surya.

Ia menyampaikan di beberapa daerah di masa menjelang Lebaran ini sering ditemukan barang-barang kedaluwarsa sehingga kegiatan ini diharapkan sebagai upaya pencegahan agar di Temanggung tidak terjadi.

"Karena kalau barang kedaluwarsa tersebut sampai dibeli konsumen maka akan merugikan konsumen," katanya.

Pontjo mengatakan hasil pengecekan yang dilakukan di toko swalayan ini dari bermacam barang, seperi roti kaleng, roti tawar, dan susu ternyata aman semua, tidak ada yang kedaluwarsa.

Termasuk produk UMKM yang dijual di swalayan ternyata juga sudah memenuhi syarat yang ditentukan, ada pelabelan, ada merk, dan tanggal kedaluwarsa juga ada.

Ia menuturkan semua toko swalayan nanti dilakukan pengecekan dan diharapkan dalam pekan ini selesai.

"Kami juga melakukan pengawasan di SPBU terkait distribusi BBM bagi masyarakat Temanggung, baik elpiji maupun bahan bakar minyak," katanya. ***1***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024