Purwokerto (ANTARA) - Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Sumpah Apoteker Ke-36 di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Selasa (21/3).

Acara dihadiri oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) Dr apt Abdul Rahem MKes, Konsili Kefarmasian Farmasi Indonesia apt Maryani SFarm MKM, Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP, serta Dekan Fakultas Farmasi apt Didik Setiawan MSc PhD dan segenap tamu undangan.

Sumpah apoteker tersebut diikuti 113 mahasiswa Prodi Apoteker Fakultas Farmasi UMP. Adapun tiga mahasiswa terbaik peringkat pertama, yaitu apt Dekan Shintya Kafriyani SR SFarm dengan IPK 3,87, peringkat kedua apt Alfisyahriatunnida Meily SFarm dengan IPK 3,86, dan peringkat ketiga apt Fandy Pradana SFarm dengan IPK 3,84.

Dalam sambutannya, PP IAI Dr apt Abdul Rahem MKes mengatakan penyematan sumpah itu menjadi anugerah sekaligus amanah yang harus disyukuri. 

“Ini merupakan anugerah sekaligus amanah. Anugerah yang harus disyukuri serta amanah yang harus dipertanggungjawabkan oleh apoteker baru," tegasnya.

Ia juga menyampaikan tentang profesionalisme dalam bekerja yang berkaitan dengan kompetensi serta kewenangan yang dimiliki.

Sementara itu, Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP menegaskan bahwa seluruh mahasiswa yang telah disumpah harus mampu menjalankan amanah sampai akhir tanggung jawabnya.

"Sumpah disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan kami yakin, kalian mampu memegang tanggung jawab itu sampai akhir hayat kalian," tegasnya. (nan/tgr)

Baca juga: PK IMM Ilmu Kesehatan UMP gelar pemeriksaan kesehatan gratis
Baca juga: Rektor resmikan operasional Pertashop keempat milik UMP
Baca juga: UMP-SMI berkolaborasi gelar sosialisasi PHBS dan pencegahan stunting di Belitung

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024