Solo (ANTARA) -
Bandara Adi Soemarmo melakukan persiapan pengamanan jelang arus mudik Lebaran 2023 dengan menggelar Airport Security Committee Meeting I.
 
Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Ibnu Solikin di Solo, Kamis mengatakan perlu dilakukan koordinasi untuk lebih meningkatkan keamanan dengan seluruh jajaran di lingkungan Bandara Adi Soemarmo.
 
"Apalagi ini menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan adanya kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Solo," katanya.
 
Ia mengatakan beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat diantaranya mendukung kegiatan Haji 2023 dari keberangkatan hingga kepulangan serta pelaksanaan Piala Dunia U-20.
 
"Mendasari dari regulasi sesuai KM 211 Tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional bahwa komite keamanan bandar udara harus melaksanakan pertemuan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun," katanya.
 
Sementara itu, Avsec Manager Heru Setiyawan mengatakan upaya peningkatan keamanan penerbangan yang telah dilakukan pihak Bandara Adi Soemarmo, salah satunya random check kendaraan yang memasuki Bandar Udara Adi Soemarmo.
 
Selain itu, yakni pemeriksaan random barang menggunakan explosive trace detector (ETD), peningkatan pengawasan CCTV, peningkatan patrol keamanan bandar udara, melaksanakan pemeriksaan tidak terduga, pemberian informasi budaya keamanan melalui digital signed.
 
Selanjutnya, aktif dalam memberikan kepedulian keamanan ke entitas bandar udara, koordinasi keamanan dengan unit keamanan lain di bandar udara, peningkatan pengawasan area rawan di bandar udara baik melalui CCTV maupun dengan pengawasan langsung juga meningkatkan pengamanan tertutup di bandar udara.***2***
 
 


 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024