Semarang (ANTARA) -
Bukti nyata nasionalisme kita adalah membayar pajak, sekaligus ikut menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kata Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Prof Dr Ir Budiyono MSi.
 
Hal itu disampaikan Prof Budiyono pada opening ceremony dan pelaksanaan layanan perdana pengisian e-SPT relawan pajak Undip tahun 2023 di Aula Lantai 4 Gedung Sekolah Vokasi Undip, Selasa (14/3/2023).
 
Menurut Prof Budiyono peran pajak besar bagi perkembangan negara, sehingga diperlukan partisipasi warga negara dengan mematuhi peraturan yang berlaku dan membayar pajak sesuai pendapatannya secara jujur. 
 
Sekolah Vokasi Undip, kata dia, selalu membuka layanan bagi mereka yang membutuhkan bantuan mengisi e-SPT.
 
“Pendampingan pengisian SPT di satu sisi menjadi pengalaman yang mahal bagi mahasiswa karena mengalami secara langsung bagaimana harus berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Di sisi lain, kegiatan ini membantu pemerintah setidaknya dalam sosialisasi pajak kepada masyarakat,” ujar Budiyono.
 
Acara tersebut dihadiri Wakil Dekan II Sekolah Vokasi Undip Dr Eng Vita Paramita ST MM Meng; manager tata usaha, para supervisor, para ketua departemen, para Kaprodi, dan seluruh dosen, serta tenaga didik di lingkungan Sekolah Vokasi Undip.

Baca juga: Konsorsium pengusaha ambil bagian untuk kemajuan sekolah vokasi Jateng
 
Ketua Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan Sekolah Vokasi Undip Drs Dul Muid MSi Akt, menambahkan program layanan pengisian surat pemberitahuan (SPT) adalah untuk membantu masyarakat yang kesulitan melakukan kewajiban pengisian.
 
SPT merupakan surat yang digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, serta harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.
 
Kaprodi STr Akuntansi Perpajakan SV Undip ini mengungkapkan pelayanan pembantuan pengisian SPT dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. 
 
Sebanyak 70 mahasiswa Sekolah Vokasi ditugaskan untuk melayani masyarakat termasuk civitas akademika serta pelaku usaha UMKM yang membutuhkan bantuan dalam pengisian e-SPT, sebuah aplikasi Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) elektronik bagi wajib pajak.

Pelayanan e-SPT SV Undip dibuka di dua lokasi, yang pertama di Aula Lantai 4 Gedung Sekolah Vokasi Undip Tembalang; kedua di Kantor Innovative Business Center (IBC) Kampus Undip Pleburan. Semua wajib pajak yang memerlukan bantuan pengisian bisa langsung datang ke lokasi.

Dul Muid menambahkan layanan bantuan pengisian SPT SV Undip ini memasuki tahun ketiga. Program ini awalnya hanya melayani dosen dan tendik tapi tahun ini dibuka untuk pengusaha dan pelaku UMKM. 
 
Muid berpesan agar para mahasiswa yang bertugas jeli dan teliti dalam pengisian SPT dan memastikan kebenarannya sebelum di-upload. 
 
“Jangan sampai ada masalah soal SPT di kemudian hari,” tutup Muid. 
 
 
Baca juga: IAPAT apresiasi peningkatan "grade" lulusan Sekolah Vokasi Undip
Baca juga: Sofyan Anif : SMK dan Sekolah Vokasi tumbuh ciri negara maju
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024