Solo (ANTARA) - Atlet Bulutangkis National Paralympic Committee (NPC) Indonesia berhasil merebut juara umum pada kejuaraan "Spanish Para Badminton International 2023" yang berlangsung di Vitoria Spanyol pada 20-26 Februari dengan meraih tujuh medali emas dan dua perunggu.

"Pada kejuaraan di Level 2 itu, Indonesia menurunkan 10 atlet dan berhasil meraih tujuh emas dan dua perunggu. Kejuaraan tersebut juga menjadi kualifikasi Paralimpiade Paris 2024," kata Pelatih Bulutangkis NPC Indonesia Jarot Hernowo di Kantor NPC Indonesia di Solo, Kamis.

Kejuaraan internasional Level 2 di Spanyol tersebut diikuti 46 negara dengan 320 peserta.

Jarot mengatakan tujuh medali emas yang diraih Indonesia pada kejuaraan tersebut dipersembahkan oleh Dheva Anrimusthi di kelas tunggal putra SU5, Qonitah Ikhtiar Syakuroh di kelas tunggal putri SL3, Leani Ratri Oktila di kelas tunggal putri SL4, Rina Marlina di kelas tunggal putri SHE.

Selain itu, Leani Ratri Oktila yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah juga menyumbang medali emas di kelas ganda putri SL3-SU5, Leani Ratri Oktila dan Hikmat Ramdani di kelas ganda campuran SL3-SU5 serta Rina Marlina dan Subhan di kelas ganda campuran SH6.

Sedangkan, dua medali perunggu untuk atlet NPC Indonesia dipersembahkan oleh Hikmat Ramdani di kelas tunggal putra SL4 dan Khalimatus Sadiyah di kelas tunggal putri SL4.

Selain itu, Spanyol juga menyelenggarakan turnamen BWF Para Badminton International Level 1 pada 1-5 Maret.

Pada kejuaraan Badminton Internasional dengan nama Spanish Para Badminton International Toledo 2023 itu, pebulutangkis NPC Indonesia berhasil merebut dua medali emas, yaitu Rina Marlina di kelas tunggal putri SH6 dan ganda campuran SH6 bersama Subhan.

Selain merebut dua medali emas, atlet para-bulutangkis Indonesia juga mampu meraih satu medali perak dari tunggal putra SL4 atas nama Fredy Setiawan, serta tiga medali perunggu dari tunggal putri SL4 atas nama Khalimatus Sadiyah dan tunggal putra SU5 atas nama Suryo Nugroho dan Dheva Anrimusthi.

"Kami sekarang mempersiapkan sembilan atlet untuk berburu poin dengan mengikuti try out ke luar negeri, mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional agar lolos kualifikasi Paralimpiade Paris Prancis," katanya.

Baca juga: Unggulan pertama tumbang, Kejuaraan Bulu Tangkis USM Cup XV 2022 semakin ketat

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024