Semarang (ANTARA) - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memantau persiapan pelaksanaan Semarang Night Carnival (SNC) 2023, acara kesenian dan pariwisata tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

"Diharapkan SNC tahun ini jadi sebuah program yang luar biasa, mengingat nanti ada tamu dari delegasi-delegasi kabupaten/kota, bahkan dari luar negeri," kata Hevearita di Semarang, Senin.

Hevearita, yang biasa disapa Ita, mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam menyiapkan penyelenggaraan Semarang Night Carnival, termasuk di antaranya mengadakan lokakarya pengenalan tema SNC 2023.

"Ini adalah workshop (lokakarya) persiapan selama tiga hari dalam rangka SNC 2023. Harapannya, ada kesesuaian tema yang ditetapkan dengan penampilan para peserta," kata Ita.

Dalam lokakarya tersebut, panitia penyelenggara merilis detail prototipe kostum berbentuk keris, tempat lilin, kipas, dan lotus yang menjadi bagian tema besar Semarang Night Carnival 2023, yakni The Luxury.

Semarang Night Carnival, yang dijadwalkan berlangsung 18 Mei 2023 di kawasan Kota Lama Semarang, merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Kota Semarang.

"Ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-476 Kota Semarang sehingga menjadi satu rangkaian penutup yang bisa memberikan hiburan dan edukasi bagi masyarakat," kata Ita.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Wali Kota Semarang itu mengingatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan karnaval malam tersebut.

Dia menyampaikan bahwa salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan karnaval adalah kenyamanan penonton dan peserta defile.

Menurut dia, sebaiknya rute defile dibuat lebih pendek, tidak sepanjang pada karnaval tahun-tahun sebelumnya.

"Lebih baik jaraknya pendek tapi nyaman sehingga keindahan dari SNC ini kelihatan. Karena selama ini banyak yang merasa tak nyaman dan estetikanya kurang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso berharap Semarang Night Carnival 2023 juga bisa menjadi ajang pembinaan pelaku kesenian di Kota Semarang.

"Saya menekankan pada jajaran jika SNC tahun ini tidak hanya sebuah mahakarya. Namun, juga pembinaan dan pengarahan agar muda-mudi Kota Semarang mampu hidup dari hasil karya dan kelak menjadi seniman besar dunia," katanya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024