Semarang (ANTARA) - Departemen Pertanian Amerika Serikat memamerkan berbagai jenis bahan pangan asal negara tersebut untuk diperkenalkan kepada masyarakat di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Konselor Pertanian Kedutaan Besar Amerika Serikat Rey Santella saat gelaran "United States Department of Agriculture (USDA) Travel Show" di Semarang, Kamis, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari promosi dan pemasaran produk-produk pertanian Amerika Serikat.

Ia mengharapkan masyarakat Semarang bisa merasakan berbagai produk pangan hasil pertanian Amerika. "Kami ingin masyarakat Indonesia bisa merasakan produk pangan Amerika Serikat, karena tidak semua orang bisa berpergian ke luar negeri," katanya.

Berbagai jenis bahan pangan yang dipamerkan tidak hanya daging sapi atau hasil laut, seperti ikan Salmon atau Kepiting Alaska.

Menurut Rey, terdapat produk hasil pertanian Amerika Serikat yang jarang diketahui, seperti kismis serta kurma.

Ia menuturkan selain mendatangkan produk dari Amerika Serikat, kegiatan ini juga mendemonstrasikan langsung cara memasak bahan-bahan pangan itu. "Bahan-bahan pangan ini juga bisa dikombinasikan dengan masakan Indonesia," katanya.

Ia menambahkan Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar penting produk pangan Amerika Serikat.

Salah satu bahan pangan yang menjadi andalan ekspor Amerika Serikat ke Indonesia yakni kedelai yang menjadi bahan baku tahu maupun tempe.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia terus mengenalkan berbagai produk pangan asal negara tersebut ke berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya di wilayah Jakarta dan Bali saja.

Baca juga: Stok kebutuhan pangan di Kudus aman, harga terkendali

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024