Temanggung (ANTARA) - Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo meminta masyarakat Kabupaten Temanggung mendukung pendataan pemilih melalui pecocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024.

"Kami mengajak masyarakat menyukseskan tahapan-tahapan Pemilu 2024, di antaranya coklit data pemilih," katanya di Temanggung, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menerima kunjungan Pantarlih di tempat tinggalnya di Dusun Pakisan, Candimulyo, Kecamatan Kedua. Hadir mendampingi coklit tersebut, antara lain Ketua KPU Temanggung M. Yusuf Hasyim dan Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Henry Wahyono.

"Alhamdulillah saya sudah dicoklit oleh Pantarlih, saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Temanggung ayo sukseskan Pemilu 2024 dengan mendukung para panitia,khususnya pantarlih dalam coklit dan nanti untuk hadir bersama-sama di TPS yang sudah ditentukan untuk melakukan pencoblosan," katanya.

Ia menyampaikan saat datang di TPS nanti memberikan pilihan sesuai dengan hari nurani masing-masing dan tetap menjaga kondusifitas wilayah, jangan mudah terprofokasi, jangan mudah diadu domba.

"Beda pilihan, beda pendapat, beda warna itu hal yang wajar, jangan sampai dibawa ke kehidupan sehari-hari, selesai coblosan, selesai sudah semuanya, tetap rukun dan bersatu di masyarakat untuk pembangunan," katanya.

Menurut Wabup Temanggung kesuksesan pemilu tentu juga dari kepanitiaan atau penyelenggara harus bisa menjaga netralitas dan bekerja seobjektif mungkin.

Henry Wahyono menyampaikan coklit dilaksanakan pada 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Menurut dia kegiatan coklit ini adalah bagian terpenting dari awal penyusunan daftar pemilih yang nanti akan jadi daftar pemilih sementara, daftar pemilih tetap sebagai acuan keseluruhan dari proses Pemilu 2024.

Ia menyebutkan di Jateng ada 117.185 TPS dengan demikian ada unit kerja yang bekerja hari ini sebanyak 117.185 Pantarlih di seluruh Provinsi Jateng.

"Kami berharap semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik dan lancar, tentu dengan badan yang sehat dan hati yang gembira," katanya.

Baca juga: Ganjar dorong KPU-Bawaslu matangkan persiapan pemilu

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024