Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong jajaran Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu, serta Polda Jateng untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 agar berjalan secara demokratis.

“Pesta demokrasi lima tahunan ini mesti dirasakan seluruh masyarakat dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” katanya usai menghadiri acara Sosialisasi Sinergitas Tugas Operasional Pelaksanaan Penetapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Semarang, Jumat.

Menurut Ganjar, sosialisasi tahapan Pemilu 2024 makin digencarkan termasuk juga pelaksanaan tugas dari masing-masing para pemangku kepentingan yang berperan dalam penyelenggara pemilu.

“Mudah-mudahan ada sosialisasi yang lebih banyak sehingga masyarakat tahu tahapannya. Mudah-mudahan juga semuanya paham bahwa ini cerita lima tahunan yang biasa saja," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Ganjar juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Polda, KPU, dan Bawaslu, serta Kejaksaan Tinggi di Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi menambahkan, pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan aman dan seluruh tahapannya dapat dilaksanakan dengan baik.

“TNI dan Polri siap untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat selama penyelenggaraan Pemilu yang akan dilaksanakan di Jateng,” katanya. (LHP)


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024