Wonosobo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendukung kehadiran homestay atau rumah tinggal melalui sejumlah program yang telah dilaksanakan dan berharap pengelolanya turut mendorong dan mempromosikan pariwisata Wonosobo, kata Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat.

"Kehadiran homestay dapat membuka lapangan kerja sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan pelaku UMKM, yang pada gilirannya akan menekan angka kemiskinan di Wonosobo," kata Afif Nur Hidayat dalam siaran pers Diskominfo Kabupaten Wonosobo di Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu.

Bupati Wonosobo menyampaikan hal tersebut dalam sambutan pelantikan DPC Indonesia Home Stay Association (IHSA) Wonosobo.

Afif menuturkan didukung kekayaan alam, budaya, dan tradisi yang menjanjikan, Kabupaten Wonosobo berpotensi besar mengembangkan sektor pariwisata untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya dengan terus membangun sinergi dan kolaborasi di berbagai sektor untuk sama-sama mendorong pengembangan pariwisata.

"Pengurus ISHA yang dilantik menjadi mitra kami bersama Disparbud Kabupaten Wonosobo untuk bersama-sama menggelorakan semangat, menjadikan Wonososbo tuan rumah yang ramah dan baik," katanya.

Menurut Afif, masyarakat Wonosobo wajib bersyukur karena mempunyai Dieng yang memiliki daya tarik luar biasa.

Ia mengatakan Pemkab Wonosobo terus merawat dan mengembangkan destinasi wisata yang ada, guna meningkatkan kunjungan wisata di Wonosobo.

"Peningkatan wisatawan akan memberikan multiplier effect," katanya.

Ketua Umum DPP IHSA Alvy Pongoh menyampaikan potensi wisata ada di depan mata, salah satunya desa wisata. Harapannya, bersama ISHA desa wisata akan semakin berkembang dan meningkat layanannya sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Spirit kebangkitan wisata dan ekonomi kita awali dari Wonosobo, sebab Wonosobo menjadi DPC ISHA pertama di Jawa Tengah, di asosiasi itu kita dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pelaku wisata maupun sektor pendukung lainnya seperti UMKM untuk kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024