Solo (ANTARA) - Sebanyak 54 panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kelurahan dilantik secara serentak oleh panwaslu kecamatan di wilayahnya masing-masing untuk persiapan Pemilu 2024, di Kota Surakarta, Minggu.

Anggota panwaslu kelurahan yang dilantik sebanyak 54 tersebut terdiri dari Kecamatan Laweyan ada sebanyak 11 orang, Serengan 7 orang, Pasar Kliwon 10 orang, Jebres 11 orang dan Banjarsari 15 orang, sehingga totalnya 54 orang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta Budi Wahyono mengatakan 54 anggota panwaslu kelurahan tersebut sebelum dilantik telah lolos menjalani tes kesehatan bebas narkoba di Klinik Bhayangkara Solo, pada Sabtu (4/2).

"Kami mengucapkan selamat atas pelantikan panwaslu kelurahan yang dilakukan secara serentak oleh panwaslu kecamatan di lima wilayah kecamatan masing-masing di Surakarta," kata Budi Wahyono.

Dia mengatakan panwaslu kelurahan ini, setelah dilantik kemudian mengikuti pembekalan, kemudian sepekan setelah itu, mengikuti bimbingan teknis (Bintek).

Tugas panwaslu kelurahan antara lain mengawasi proses pencocokan dan penelitian data pemilih pada pemilu 2024, mengawasi proses rekapitulasi data pemilih hasil pemutakhiran tingkat kelurahan/desa dan penyampaian hasil kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK), mengawasi proses pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap data pemilih sementara (DPS), serta perbaikan DPS, rekapitulasi DPS hasil perbaikan dan lainnya.

Selain itu, panwaslu kelurahan juga melaporkan hasil pengawasan kepada panwaslu kecamatan.

Oleh karena itu, Bawaslu Kota Surakarta meminta panwaslu kelurahan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya, penuh integritas, tanggung jawab, jaga solidaritas, independensi, dan segera lakukan koordinasi, serta komunikasi sebaik-baiknya dengan panwaslu kecamatan, serta panitia pemungutan Suara (PPS). Sehingga, panwaslu segera bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Selain, anggota panwaslu kelurahan juga segera memahami tugas, wewenang dan kewajiban sesuai dengan yang diamanatkan Undang Undang dan pahami tentang Peraturan Bawaslu, PKPU dan alat kerja pengawasan yang segera disiapkan oleh panwaslu kecamatan.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024