Cilacap (ANTARA) - Kecelakaan bisa terjadi kapan dan di mana saja tanpa bisa diprediksi dan berpotensi memunculkan luka ringan maupun berat, sehingga pertolongan pertama pada keadaan darurat seperti itu diperlukan untuk membantu korban agar bertahan hingga petugas medis datang untuk pertolongan tepat demi menyelamatkan nyawa korban. 

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menggelar lomba First Aider untuk menguji ketangkasan pekerja jika terjadi keadaan darurat di area kilang. 

"Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi maupun pelatihan, maka lomba ini diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana para pekerja memahami pelatihan tersebut," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ersa Intra Urbana. 

Kegiatan diikuti 24 tim dengan masing-masing terdiri dari 4-5 orang itu diadakan di Donan Hall, Apartemen Patra Lomanis Residence, Selasa (31/1). 

Sementara perlombaan meliputi penanganan cedera akibat jatuh dari ketinggian dan kejadian paparan bahan kimia atau segala sesuatu yang berpotensi menjadi bahaya, bahkan accident atau incident. 

Baca juga: Posko Green Earth diresmikan, bukti dukungan PT KPI RU IV Cilacap pada pelestarian mangrove

Selama ini, lanjut Ersa, hanya ada 1 atau 2 orang dari setiap bagian/fungsi yang terlatih menangani hal tersebut. 

"Diharapkan setelah mengikuti lomba akan mendorong semangat pekerja yang lain untuk cakap dan tanggap melakukan pertolongan pertama," katanya. 

Setiap tim diberikan waktu 30 menit untuk melakukan seluruh instruksi dari soal yang dibawakan dewan juri yang merupakan pekerja dari bagian Health fungsi HSSE RU IV.  

Kriteria penilaian terdiri dari ketepatan tindakan pengamanan terhadap korban, simulasi kejadian secara teknis yang sistematis, penggunaan alat yang sesuai, termasuk penilaian semangat dan kekompakan tim serta ketepatan waktu. 

Salah seorang peserta, Ivan mengaku senang dan antusias mengikuti lomba. "Target kami bukan sekedar kemenangan namun dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan saat memberikan pertolongan pertama," katanya.

Sementara itu, hasil akhir lomba First Aider menempatkan Tim HSSE sebagai juara pertama disusul Tim Produksi II serta Tim Produksi III sebagai juara kedua dan ketiga.

Baca juga: Peringati Bulan K3, PT KPI RU IV Cilacap tekankan sukses Stop Unit dan TA 2023
Baca juga: Asisten Deputi Kementerian BUMN kunjungi Kilang Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024