Semarang (ANTARA) - Laundry self service atau layanan binatu mandiri semakin menjamur di Kota Semarang karena mudahnya dalam pengoperasiannya, sehingga memberikan kemudahan kepada konsumen dan tarifnya juga terjangkau. 

"Untuk mencuci baju di tempat ini hanya dibutuhkan sebagai member untuk mendapatkan kartu e-money. Kartu tersebut akan berisi token yang nantinya akan digunakan sebagai alat pembayaran," kata Yudith, selaku karyawan Cuci Express Laundry Kedungmundu, Semarang, Selasa (24/1/23). 

Yudith menjelaskan untuk menjadi member, cukup membayar Rp50.000 dan akan terpotong Rp10.000 untuk pembuatan member dan sisanya bisa digunakan untuk transaksi laundry. 

Ia mengakui banyak member mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, juga para pekerja, dan para pelancong yang berkunjung di Semarang. 

"Saya lebih milih ini (laundry self service,red.) soalnya lebih praktis dan langsung kering," kata Rahma (40), seorang karyawan sebuah perusahaan di Semarang, Selasa (24/1/23). 

Hal sama juga disampaikan Dian, mahasiswa Undip yang biasa memanfaatkan laundry self service yang mengaku sangat membantunya dari sisi waktu juga pengeluaran. 

"Laundry self service sangat efisien karen lebih cepat jadi dan harganya lebih murah dari pada menggunakan laundry kiloan," kata Dian.


*Penulis: 
Caralla Jersey Ekaristi Soegijapranata Semarang
Mahasiswa magang Unika Soe

Pewarta : Caralla Jersey Ekaristi S*/Nur Istibsaroh
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024