Semarang (ANTARA) - Praktisi Public Relations Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Alifa Nur Fitri, MIKom, AMIPR (Associate Member of Indonesia Public Relations) hadir pada kegiatan Guru Tamu dengan tema Sharing Pembuatan Press Release di SMK Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Randublatung, Blora, Sabtu (7/1).

Acara yang dilaksanakan di Aula SMK PSM Randublatung tersebut dihadiri 67 peserta, terdiri dari siswa dan guru jurusan MPLB, guru Bahasa Indonesia, tim IT, dan medsos sekolah serta dibuka oleh Kepala SMK PSM Randublatung Sudari yang memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh siswa yang hadir.

Ketua Panitia Kegiatan Guru Tamu Anisa Dwi Yuliana menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu program kegiatan di jurusan MPLB yang bertujuan untuk menambah ilmu/wawasan serta mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang jurnalistik dan publikasi.

Alifa menjelaskan release dalam suatu lembaga sangatlah penting dan diperlukan karena untuk mengenalkan branding serta untuk membangun citra suatu lembaga.

"Kegiatan ini wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan Pengabdian Masyarakat. Terutama di bidang public relations sesuai dengan bidang saya, senang rasanya bisa berbagi dengan teman teman SMK PSM. Harapannya setelah ini bisa di praktikkan baik untuk mengisi website sekolah dan mengkomunikasikan kegiatan sekolah di berbagai media massa," kata Alifa yang juga Ketua YPI PSM Randublatung ini.

Baca juga: 362 siswa MAN 1 Banyuwangi study kampus ke UIN Walisongo Semarang

Berita dan press release, kata Alifa, terdapat perbedaan, yakni jika berita merupakan suatu peristiwa/kejadian terbaru (aktual) sedangkan press release bersifat positif dan bertujuan untuk branding.

"Apabila berada dalam suatu lembaga, maka kita harus memiliki rasa sense of belonging (rasa memiliki) dan dengan rasa itulah kita tidak akan memberikan berita-berita negatif untuk lembaga kita," katanya.

Baca juga: Anugerah KIP, UIN Walisongo Semarang raih predikat tertinggi

Acara berjalan interaktif dan di akhir acara peserta diminta membuat press release kegiatan tersebut dengan dua hasil terbaik mendapatkan reward dari narasumber.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pembentukan dan pelantikan tim PR sekolah yang terdiri atas empat siswa jurusan MPLB yaitu Khoiril, Dwi Arianti, Fania, dan Fenti yang mengajukan diri menjadi tim PR sekolah untuk berkolaborasi dengan guru dalam pembuatan press release dan publikasi sekolah.
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024