Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka akan mengajak ratusan warga Solo menikmati keindahan Taman Pracima Tuin yang berada di kawasan dalam Pura Mangkunegaran.

"Nanti hanya 200 orang, perwakilan warga. Sekalian nganyari (mencoba)," katanya di Solo, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan pertemuan dengan para warga tersebut akan dilakukan pada Jumat (23/12) malam. Meski demikian, ia memastikan tidak ada maksud tertentu dari kegiatan tersebut.

"Tidak ada hubungannya dengan mengumpulkan warga, setiap hari juga ketemu warga," katanya.

Pada kesempatan itu nantinya ia ingin memperoleh masukan dari warga terkait dengan kemajuan Kota Solo. Selain itu, akan dilakukan pula peluncuran logo dan maskot Kota Solo yang belum lama ini dilombakan secara terbuka oleh pemerintah daerah.

"Kami ingin memberi tahu warga bahwa logo dan maskot bisa digunakan oleh siapa pun. Yang punya produk UMKM bisa mencantumkan logo dan maskot. Yang punya clothing (clothing line), distro, itu logo dan maskot bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya," katanya.

Sementara itu, untuk peluncuran Taman Pracima Tuin sendiri baru akan dilakukan pada tanggal 21 Januari 2023.

Sebelumnya, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro X, Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo mengatakan revitalisasi Taman Pracima Tuin dilakukan selama lima bulan dan selesai pada bulan ini.

Menurut dia, bangunan tersebut terinspirasi era Mangkunegoro ke-7 sekitar tahun 1920. Ada tiga bangunan utama di Taman Pracima Tuin, yakni Pracimasono, Pracimawisik, dan Pracimaloka.

Ke depannya, taman tersebut akan dibuka untuk destinasi wisata publik sekaligus sebagai wadah pelestarian dan pengembangan kebudayaan.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024