Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, melakukan kegiatan uji publik tahapan penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat pada Pemilihan Umum 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Batang Aris Setyabudi di Batang, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya telah menyusun rancangan dapil dan sudah diumumkan beberapa waktu lalu.

"Akan tetapi pada saat itu, memang belum ada tanggapan namun setelah stakeholder mendengar, dapil yang dirancang untuk Pemilu 2024 masih sama dengan pemilu sebelumnya. Hal itu tidak menyalahi aturan dan sebagian besar peserta menyetujui," katanya.

Aris Setyabudi mengatakan pascauji publik ini segera ditetapkan dan hasilnya akan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum RI. 

"Kemudian, setelah itu KPU RI yang akan menetapkan rancangan berikutnya," katanya.

Dikatakan, meski pada tahapan penetapan daerah pemilihan tingkat kabupaten/kota selesai namun masih ada beberapa tahapan lainnya yang harus ditempuh seperti perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang belum lama ini sudah mengikuti tes wawancara. 

Tahapan selanjutnya, kata dia, pihaknya juga akan melakukan perekrutan panitia pemungutan suara (PPS) yang akan dimulai 18 Desember 2022, kemudian tahapan pencalonan dewan perwakilan daerah (DPD) yang akan dilaksanakan 30 Desember 2022 hingga 2023.

"Kami mulai melakukan verifikasi dukungan persyaratan calon DPD. DPD berada dalam ranah KPU Jawa Tengah karena daerah pemilihannya berdasarkan dapil provinsi," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024