Semarang (ANTARA) - Kantor Berita Nasional Antara Biro Jawa Tengah memberikan pelatihan jurnalistik tingkat dasar kepada para pelajar dan mahasiswa secara bertahap untuk meningkatkan literasi bagi kalangan milenial pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-85 Perum LKBN Antara. Ada tujuh kota yang menjadi lokasi pelatihan yang dimulai dari Kota Semarang dan Kabupaten Temanggung itu.

Pelatihan jurnalistik dengan tema Literasi Untuk Negeri hari pertama diberikan tiga awak media Kantor Berita Antara Biro Jateng kepada 100 pelajar SMA Islam Hidayattullah, Kota Semarang, Rabu.

Pewarta foto LKBN Antara, Aji Styawan berkesempatan menyampaikan materi pelatihan mengenai pengenalan tentang foto jurnalistik yang mengandung unsur nilai berita dan cara menghasilkannya agar menarik disertai hak cipta dari fotografer.

"Sebuah ungkapan lama mengatakan foto bernilai seribu kata-kata, tapi kesimpulan modern dari ungkapan tersebut adalah sebuah gambar tanpa kata-kata hampir tidak ada nilainya, karena tanpa caption, sebuah gambar bisa menimbulkan banyak pertanyaan dan jawaban," ujarnya.

Selain itu, anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Semarang itu juga menceritakan pengalaman di lapangan saat bekerja sebagai seorang foto jurnalis.

Pewarta teks Nur Istibsaroh memaparkan mengenai mudahnya menulis berita mengenai suatu peristiwa dengan memenuhi unsur apa, siapa, kapan, mengapa, dimana, dan bagaimana.

Pelatihan jurnalistik di SMA Islam Hidayatullah yang digelar Kantor Berita Antara Biro Jawa Tengah dalam rangka memperingati HUT Ke-85 Perum LKBN Antara di Semarang, Rabu (7/12/2022). ANTARA/Edhy Susilo

Menurut Istib, panggilan akrab Nur Istibsaroh, perlu ada kemauan untuk terus berlatih dalam menulis berita.

"Seperti halnya naik sepeda, kita tidak dapat instan mengendarai, perlu berlatih dan berlatih agar bisa lancar mengendarai sepeda. Begitu hal nya dalam menulis berita, harus terbiasa agar bisa," katanya.

Video jurnalis AntaraTV, Suryo Wicaksono, memberikan pelatihan tentang video jurnalistik tingkat dasar yang di dalamnya mengenalkan elemen-elemen dasar dalam video jurnalistik.

Selain itu, disampaikan cara-cara agar berita video yang dihasilkan dapat enak dilihat dan memenuhi materi seputar komposisi, arah tata kamera, pencahayaan, suara serta kontinuitas atau kesinambungan video.

Sementara itu, Kepala Biro Perum LKBN Antara Biro Jateng Teguh Imam Wibowo dalam kesempatan tersebut mengenalkan mengenai Antara sebagai Kantor Berita Nasional Indonesia.

"Antara merupakan badan usaha milik negara atau BUMN yang bertugas untuk membuat dan menyiarkan informasi atau berita," katanya.
 

Pembantu Pimpinan Humas SMA Islam Hidayatullah Nunung Kusumawati memberikan apresiasi kepada Perum LKBN Antara yang memberikan pelatihan jurnalistik kepada para siswa karena ada banyak manfaat yang bisa didapat.

"Wahyu pertama yang Rosullullah terima adalah Surat Al-Alaq yang berbunyi Iqro' atau bacalah. Dari surat itu, kita bisa menyimpulkan jika Allah meminta kita belajar membaca apa pun yang bermanfaat termasuk media massa dalam hal ini antaranews.com," ujarnya.

Pelatihan jurnalistik pada hari yang sama juga berlangsung di SMK Bhumi Phala, Parakan, Kabupaten Temanggung dengan pemateri Heru Suyitno, Anis Efizudin, dan Firman Eko Handy.

Pelatihan jurnalistik di SMK Bhumi Phala, Parakan, Kabupaten Temanggung yang digelar Kantor Berita Antara Biro Jawa Tengah dalam rangka memperingati HUT Ke-85 Perum LKBN Antara di Semarang, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/Aniz Efizudin)

Pelatihan jurnalistik selanjutnya akan digelar di SMA Negeri 2 Tegal pada 8 Desember 2022, Universitas Muhammadiyah Surakarta (9/12), Universitas Muria Kudus (13/12), SMA Negeri 3 Boyolali (15/12) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (18/12).

Seluruh rangkaian kegiatan Literasi Untuk Negeri yang merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-85 Perum LKBN ANTARA, terselenggara atas kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, PT Pertamina Lubricants, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Bank Jateng, SMA Islam Hidayatullah, SMK Bhumi Phala Temanggung, SMAN 2 Tegal, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muria Kudus, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Semen Bangun Indonesia, Alfamart, JNE, Jasa Raharja, Biskuit Kokola, Imigrasi Pemalang, DPW PKS Jateng, dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang.

Baca juga: SMK Mipha Parakan sambut positif pelatihan jurnalistik LKBN Antara
Baca juga: ANTARA Jateng bersama Tanoto Foundation latih para guru menulis feature


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024